Ayam Goreng Khas Indonesia Jadi Hidangan Ayam Goreng Terbaik di Dunia

  • Arry
  • 25 Feb 2023 14:44
Ayam goreng khas Indonesia jadi hidangan ayam goreng terbaik di dunia(taste atlas/tastatlas.com)

Ayam goreng khas Indonesia menjadi hidangan ayam goreng terbaik di dunia. Kelezatannya bahkan mengalahkan ayam goreng tepung khas Amerika Serikat.

Penilaian itu dirilis tasteatlas, situs ensiklopedi kuliner di dunia. Dalam rilis yang diunggah di laman mereka pada 11 Februari 2023, ayam goreng khas Indonesia menjadi nomor satu dalam 10 hidangan ayam goreng terbaik di dunia.

Melansir laman tasteatlas.com, berikut daftar ayam goreng terbaik di dunia:

10. Chicken and Waffles (Amerika Serikat; Rating 4,2)

    Chicken and Waffles, ayam goreng khas Amerika Serikat

Ayam goreng dan wafel merupakan perpaduan yang tak biasa, namun banyak disukai oleh penduduk Afro Amerika yang berada di wilayah selatan. Rasanya perpaduan manis dan asin serta memiliki tekstur yang lembut dan renyah.

Beberapa sejarawan makanan menyatakan bahwa ayam dan wafel berevolusi setelah migrasi Perang Saudara dari Afrika-Amerika Selatan ke Utara. Namun, versi modern hidangan ini pertama kali disajikan di Harlem, New York pada awal tahun 1930-an, sebagian besar di klub malam jazz.

9. Orange Chicken (Hunan, China; Rating 4,2)

    Orange Chicken hidangan ayam goreng khas Hainan, China

Orange chicken atau ayam jeruk merupakan hidangan Amerika China yang diolah sebagai variasi dari ayam Jenderal Tso. Hidangan ini mirip ayam geprek yang digoreng dengan jeruk asam manis dan saus sambal. Di Amerika Serikat, sebuah jaringan restoran bernama Panda Express mengklaim dirinya sebagai penemu hidangan ini, mengembangkannya menjadi hidangan yang jauh lebih manis daripada hidangan yang menjadi modelnya - versi asli yang tajam dan pedas dari Hunan, di mana iklim subtropis dengan musim dingin yang sejuk membuatnya ideal untuk menanam jeruk, jeruk keprok, dan lemon yang merupakan tanaman asli Asia.

Ayam jeruk biasanya disajikan dengan nasi putih sebagai pendamping.

8. Pozharsky Cutlet (Rusia; Rating 4,3)

Pozharsky Cutlet merupakan hidangan tradisional Rusia yang sudah ada sejak abad ke-19. Hidangan ini dinamai sama dengan nama Pangerang Pozharsky. Hidangan ini pertama kali dihidangkan untuk Pozharsky.

Menu ini biasanya memiliki bahan berupa daging sapi muda. Namun, saat itu tidak ada daging sapi muda yang tersedia, sang pangeran kemudian memerintahkan para koki untuk membuat irisan daging ayam, dan lahirlah hidangan baru.

Hidangan ini terdiri dari ayam giling yang dilapisi tepung roti dan digoreng dengan mentega. Disarankan untuk menyajikan irisan daging dengan kentang panggang, kacang hijau, atau sayuran serupa.

7. Hot Chicken (Nashville, Amerika Serikat; Rating 4,3)

Hot Chicken merupakan hidangan khas Nashville, Tennessee, Amerika Serikat. Kuliner ini berisi potongan ayam yang digoreng dengan pasta cabai rawit hingga warnanya berubah menjadi merah berkarat. Biasanya disajikan di atas irisan roti putih dengan irisan acar atau selada kol di sampingnya.

Hidangan ini ditemukan pada tahun 1930-an oleh seorang pria bernama Thornton Prince. Saat itu dia membuatkan ayam untuk sarapan dan menambahkan bahan terpedas yang bisa dia temukan. Hidangan ini sangat disukai Thornton Prince dan kemudian kuliner ini diperkenalkan ke saudara-saudaranya.

6. Chicken 65 (Chennai, India; Rating 4,4)

    Chicken 65, ayam goreng khas India

Chicken 65 adalah hidangan ayam khas Chennai, India. Kuliner ini memiliki bahan ayam goreng yang direndam dalam jahe, lemon, cabai merah, dan berbagai bumbu lainnya. Ada beberapa teori mengenai asal usul ayam 65. Teori yang paling populer mengatakan bahwa hidangan ini diciptakan di Tamil Nadu oleh A. M. Buhari pada tahun 1965.

Teori lain mengatakan bahwa hidangan asli dibuat dengan 65 cabai, sebagai bukti kejantanan. Ada juga beberapa teori yang tidak masuk akal, seperti teori yang menyatakan bahwa ayam dipotong menjadi 65 bagian, atau bahwa ayam tersebut berusia 65 hari ketika hidangan ini disiapkan.

5. Chicken Kyiv (Ukraina; Rating 4,4)

Chicken Kyiv terdiri dari dada ayam bertulang dan pipih yang digulung dengan mentega herba dingin, dilapisi tepung roti, lalu digoreng. Meskipun hidangan ini sangat populer, tidak ada yang tahu dari mana asalnya atau bagaimana namanya, dan ada banyak teori yang saling bertentangan yang mengaitkan penemuannya dengan koki Ukraina, Rusia, dan Prancis.

4. Taiwanese Popcorn Chicken (Taiwan; Rating 4,4)

    Taiwanese Popcorn Chicken, ayam goreng khas Taiwan

Taiwanese Popcorn Chicken merupakan hidangan tradisional khas Taiwan. Kuliner ini berisi potongan ayam seukuran sekali gigit yang dibumbui dengan kombinasi kecap asin, bawang putih, jahe, arak beras, dan berbagai macam rempah-rempah. Potongan-potongan tersebut kemudian dilapisi dengan tepung kentang atau jagung dan digoreng hingga renyah.

Hidangan ini biasanya dibuat dengan paha ayam tanpa tulang, dan meskipun bumbu tradisionalnya meliputi garam, lada, dan lima rempah-rempah, variasi modernnya dapat menggunakan berbagai macam rempah-rempah seperti bubuk rumput laut, bubuk mustard, atau allspice. Ayam popcorn Taiwan dikenal dengan berbagai nama dan merupakan salah satu jajanan kaki lima yang ikonik, yang dinikmati di seluruh negeri.

3. Fried Chicken (Selatan Amerika Serikat; Rating 4,4)

Fried Chicken

Ayam goreng tepung ini merupakan kuliner paling populer di wilayah selatan Amerika Serikat. Meski demikian, banyak perdebatan dari mana awal mula hidangan fried chicken atau ayam goreng tepung ini pertama kali tercipta.

Namun secara universal disepakati bahwa dagingnya harus lembab, lezat, dan empuk, dilapisi dengan kulit yang renyah dan berwarna cokelat keemasan. Bumbu-bumbu yang umum digunakan adalah garam, merica, dan cabai, dan potongan dagingnya harus dapat dimakan dengan tangan sehingga konsumen dapat menggigit kulit dan dagingnya secara bersamaan.

2. Backhendl (Wina, Austria; Rating 4,5)

    Backhendl ayam goreng khas Wina Austria

Backhendl merupakan ayam goreng tepung khas Wina. Ayam goreng ini awalnya muncul pada abad ke-18 dan sangat dihargai selama periode Biedermeier. Hidangan ini terdiri dari ayam utuh, sebaiknya berukuran lebih kecil, yang diolesi dengan rempah-rempah dan air jeruk nipis.

Kemudian dipotong-potong dan dicelupkan ke dalam saus telur, dibalut dengan tepung, lalu dibalut dengan remah roti sebelum digoreng hingga berwarna keemasan dan renyah. Backhendl pada awalnya dibuat dengan ayam utuh yang telah dipotong-potong, dan hidangan ini secara tradisional disajikan bersama jeroan goreng, biasanya hati dan jantung ayam.

1. Ayam goreng (Indonesia; Rating 4,6)

Ayam goreng khas Indonesia sangat sederhana. Sebelum digoreng, ayam terlebih dahulu direndam dalam bumbu, kemudian direbus sebentar sebelum digoreng hingga berwarna keemasan dan renyah. Bumbunya biasanya terbuat dari rempah-rempah tradisional seperti serai, lengkuas, kunyit, dan asam jawa, tetapi karena hidangan ini dinikmati di seluruh negeri, hidangan ini hadir dalam berbagai variasi regional yang dapat mencakup rempah-rempah dan bumbu lainnya, atau berbagai tambahan seperti parutan kelapa atau remah-remah tepung beras.

Semua jenis ayam goreng dapat dinikmati sebagai hidangan tersendiri, biasanya ditemani dengan nasi, lalapan dan sambal.

Jadi menu ayam goreng apa yang menjadi idola Newscaster?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait