Densus 88 Ungkap Peran 6 Anggota Teroris Jemaah Islamiyah yang Ditangkap di Lampung

  • Arry
  • 13 Apr 2023 16:36
Densus 88 Antiteror Polri(tribratanews/polri.go.id)

Densus 88 Antiteror Polri menangkap enam tersangka teroris jaringan Jemaah Islamiyah. Mereka ditangkap di Lampung pada 11-12 April 2023.

Enam tersangka itu adalah NG alias BA alias SA, ZK, PS alias JA, AM, KI, dan H alias NB. Tersangka NG dan ZK tewas dalam baku tembak karena menyerang polisi saat hendak ditangkap.

Juru Bicara Densus 88, Kombes Aswin Siregar menjelaskan, tersangka NG alias BA alias SA yang ditembak mati merupakan anggota JI dan sudah lama menjadi buronan atau masuk daftar pencarian orang (DPO).

"BA ini merupakan anggota JI yang sudah dijadikan DPO sejak tahun 2016 ya. Yang bersangkutan memang selama ini diketahui memiliki, menyimpan senpi," kata Aswin di Jakarta, Kamis, 13 April 2023.

Menurutnya, NG alias BA juga memiliki bunker atau bengkel yang biasa dipakai untuk membuat senjata api rakitan. NG juga terafiliasi dengan Taufik Bulaga alias Upik Lawanga yang merupakan ahli pembuat bom dan Zulkarnaen selaku dalang dari bom Bali.

Baca juga
Densus 88 Baku Tembak di Lampung: 2 Teroris Tewas, 6 Ditangkap

"Membuat bunker untuk pembuatan senjata rakitan yang tahun 2019, 2020 kita ungkap pada saat penangkapan Upik Lawanga," kata Aswin.

"Dan N alias BA selalu mengumandangkan semangat keinginan untuk aksi teror atau amaliyah biasanya kita sebut ya, pada khususnya kepada anggota Polri," kata dia.

Sementara itu tersangka PS alias JA berperan membantu aktivitas dari tersangka NG alias BA. Sedangkan ZK yang tewas saat baku tembak, berperan menyimpan dan menyembunyikan senjata api M16.

Sementara itu tersangka AM dan KI adalah anggota Jamaah Islamiyah di Lampung. Mereka juga disebut telah menyiapkan rencana amaliyah dengan senjata api.

"Kemudian saudara H alias NB ini adalah DPO dari konflik poso yang kemudian bergabung ke kelompok ini. Ini sama masih dalam jaringan Jamaah Islamiyah juga," ucap Aswin.

"Dua di antaranya harus diberikan tindakan tegas untuk melumpuhkan mereka karena mereka melakukan perlawanan, yaitu saudara NG alias BA dan sauda ZK yg kondisi terakhirnya meninggal dunia," ujar Aswin.

Dalam baku tembak itu, Aswin menjelaskan, satu anggota Densus 88 turut menjadi korban usat tertembak di pangkal paha sekitar perut. Anggota Densus bernama Bripda Jo itu kini dalam perawatan.

Artikel lainnya: Ayu Ting Ting Kaget Ditanya Oma Boy William: Kamu Sudah Tak Perawan?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait