Viral Nasabah BSI Kehilangan Duit Rp378,2 Juta

  • Arry
  • 14 Mei 2023 17:07
Gedung Bank Syariah Indonesia atau BSI(bsi/bsi.co.id)

Seorang nasabah Bank Syariah Indonesia atau BSI mengaku kehilangan tabungannya dalam jumlah besar. Nilainya mencapai Rp378,2 juta.

Hal tersebut diungkapkan Rochmat Purwanto dalam akun Twitter. Menurutnya, uangnya atas rekening dengan nama PT Amanah Sejahtera Bersama Property diduga hilang sebelum 5 April 2023.

"Uang kami di BSI hilang 378.251.749 sudah membuat laporan kehilangan dan komplain ke @bankbsi_id cabang Solo tapi jawaban seperti ini, adakah yang perlu dilakukan agar uang kami kembali?," cuitnya, dikutip Minggu, 14 Mei 2023.

Dalam unggahannya, dia juga menyematkan tangapan layar transaksi di rekening yang diklaim miliknya itu. Di foto tersebut terlihat dia menandai sejumlah kegiatan transaksi keluar atau debet dengan nominal cukup besar secara berulang.

Pada bagian yang ditandai, rekening tersebut tercantum memiliki saldo Rp 381.969.500. Kemudian di bawahnya ada dana Rp 249.249.249 dalam kolom debet diikuti Rp 2.500 (diduga biaya admin). Artinya, rekening nasabah tersebut tercatat melakukan transaksi uang keluar Rp 249,2 juta.

Selanjutnya, terdapat lagi transaksi di kolom debet sebesar Rp 49.000.000 dan biaya admin Rp 6.500. Dan pada transaksi uang keluar dengan nominal Rp 80.000.000.

Baca juga
LockBit Klaim Pelaku Kerusakan IT BSI, Klaim Curi 15 Juta Data Nasabah

Dalam cuitan terpisah, pemilik rekening mengaku telah melapor ke BSI Cabang Solo. Dia juga mengunggah tanggapan dari BSI KCP Sukoharjo Pabelan yang ditujukan kepada PT Amanah Sejahtera Bersama Property.

Dalam cuitan tersebut diketahui pihak BSI menjelaskan transaksi yang dilaporkan merupakan transaksi normal yang dilakukan melalui BSI Net Banking.

"Dengan mempertimbangkan kode token yang digunakan untuk menjalankan transaksi terkirim ke nomor HP nasabah yang terdaftar pada sistem Bank, maka dapat kami sampaikan bahwa transaksi yang terjadi merupakan transaksi yang sah," tulis tanggapan tersebut.

"Sehubungan penjelasan di atas, PT Bank Syariah Indonesia, Tbk tidak dapat memberikan penggantian. Sebagai tindaklanjut PT Bank Syariah Indonesia, Tbk telah berkoordinasi ke Bank penerima dana transfer untuk dilakukan tindaklanjut sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelas tanggapan itu lagi.

BSI juga mengimbau kepada PT Amanah Sejahtera Bersama Property untuk menjaga kerahasian data pribadi seperti User ID, PIN, Password, Kode Token dan data pribadi lainnya.

Belum ada tanggapan dari pihak terkait dalam masalah ini.

Artikel lainnya: Potret Kemenangan Dramatis Indonesia vs Vietnam di Semifinal SEA Games

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait