Kemenkeu Sebut CMNP Berutang Ratusan M, Jusuf Hamka: Jika Ada Saya Ganti 100 Kali

  • Arry
  • 13 Jun 2023 07:59
Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka(@jusufhamka/instagram)

Persoalan utang antara Jusuf Hamka melalui perusahannya, PT Citra Marga Nusaphala Persada atau CMNP, dan pemerintah makin memanas.

Kementerian Keuangan menuding balik soal utang ratusan miliar yang dimiliki Jusuf Hamka ke pemerintah. Bos jalan tol itu kemudian menantang balik.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban mengungkapkan, pemerintah memiliki tagihan kepada grup CMNP milik Jusuf Hamka. Tagihan itu terkait Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

"Kami sendiri masih memiliki tagihan kepada 3 perusahaan di bawah grup Citra. Nggak ingat angkanya, ratusan miliar, grup Citra ya. Terkait BLBI juga," kata Rionald di Jakarta, Senin, 12 Juni 2023.

Baca juga
Sri Mulyani Ungkap Alasan Pemerintah Belum Bayar Utang ke Bos Jalan Tol Jusuf Hamka

Menurut Rio, gugatan dari Jusuf Hamka sudah diajukan sejak 2004. Gugatan itu akhirnya maju ke peninjauan kembali pada 2010.

"Sebagaimana diketahui ada banyak tuntutan sejenis kepada pemerintah. Intinya kita pastikan dulu, yang punya negara itu sudah tuntas apa belum. Kalau enggak kan repot," kata Rio.

Rio menjelaskan, PT CMNP milik Jusuf Hamka terafiliasi atau masih dalam pengendalian pemegang saham pemilik Bank Yama, yakni Siti Hardijanti Hastuti Soeharto alias Tutut Soeharto.

"Kita sangat berhati-hati mengenai hal ini karena kita nggak mau persepsinya nanti keliru," imbuhnya.

Lalu apa tanggapan Jusuf Hamka?

Jusuf Hamka hanya tertawa mendengar pernyataan dari Kementerian Keuangan. Dia pun menantang balik dan meminta Kemenkeu membuktikan utang tersebut.

Baca juga
Negara Utang Rp800 Miliar ke Jusuf Hamka, Mahfud MD Perintahkan Sri Mulyani Bayar

Jusuf Hamka menegaskan PT CMNP tidak memiliki utang BLBI. Jika terbukti ada, dia akan menggantinya 100 kali lipat.

"Citra Marga nggak pernah punya utang BLBI, clear. Kalau Citra Marga ada utang BLBI, saya ganti 100 kali," kata Jusuf Hamka.

Jusuf Hamka pun membantah jika PT CMNP terafiliasi dengan Bank Yama milik Mbak Tutut.

"Kalau Citra yang lain saya nggak tahu, CMNP ini kan public company, bukan Tutut punya. Kalau Citra yang lain punya Mba Tutut itu urusan lain, ini kan beda entitas," tegasnya.

Bagaimana kelanjutan perseteruan soal utang Jusuf Hamka vs Pemerintah?

Artikel lainnya: Istri Vincent Rompies Bongkar Kisruh Rumah Tangga Desta-Natasha Rizky

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait