Teknik Baru KLHK Basmi Polusi Jakarta: Embus Uap Air dari Gedung Pencakar Langit

  • Arry
  • 28 Agt 2023 20:46
Polusi di Jakarta(dinas lingkungan hidup/jakarta.go.id)

Berbagai cara dilakukan pemerintah mengatasi polusi udara di DKI Jakarta. Kini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memiliki teknik baru yakni mengembuskan uap air dari gedung pencakar langit.

Menteri LHK, Siti Nurbaya, menjelaskan, teknik mengembuskan uap air ini dikenal dengan nama modifikasi cuaca mikro.

"Pekerjaannya oleh Pemda DKI, BRIN dan BMKG. KLHK juga mengikuti perkembangannya. Itu ada yang namanya teknik modifikasi cuaca mikro. Jadi dari gedung-gedung tinggi itu diembuskan uap air. Sehingga dia juga akan mempengaruhi partikel itu," kata Siti dalam konferensi pers, disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 28 Agustus 2023.

Baca juga
Epidemiolog Ungkap Bahaya Baru dari Semprot Air ke Jalanan Demi Kurangi Polusi

Siti menjelaskan, teknik ini sudah diuji coba di Gedung Pertamina, Kawasan Gelora Bung Karno, dan gedung-gedung pemerintahan lain.

"Kemarin dilakukan uji coba pada 27 Agustus, yaitu di Gedung Pertamina jalan Merdeka Timur, yang dekat dengan Masjid Istiqlal. Kemudian uji coba di kawasan GBK," lanjutnya.

"Dia ada alat mist generator, buatan BRIN. Butuh air 500 liter pakai pakai power 2.000 watt. Diuji dengan PM 2,5 memang turunnya signifikan. Dari angka 112 kira-kira itu turun menjadi angka 52 lah. Jadi turunnya banyak," tambahnya.

"Ada lagi namanya tirai air. Tirai air itu sirkulasi air tapi perlu dipasang di teras-teras gedung besar yang menghadap ke ruang publik. Kalau sirkulasi air kaya air mancur, itu juga akan memberikan uap air sebetulnya. Sehingga itu juga bisa mempengaruhi," tuturnya.

Artikel lainnya: Alasan MA Diskon Vonis Putri Sambo 50%: Bukan Inisiator Pembunuhan dan Punya 4 Anak

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait