Ternyata Ini Alasan PKS Tak Hadiri Deklarasi Anies Baswedan-Cak Imin

  • Arry
  • 2 Sep 2023 21:34
Presiden PKS Ahmad Syaikhu(pks/pks.id)

Partai Keadilan dan Sejahtera atau PKS tidak menghadiri deklarasi Anies baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai bacapres dan bacawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Padahal PKS adalah salah partai pengusung Anies.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu mengungkapkan alasan partainya absen dalam deklarasi Anies-Muhaimin yang digelar di Surabaya pada Sabtu, 2 September 2023 itu.

Menurutnya, PKS akan menggelar Musyawarah Majelis Syura (MMS) PKS untuk mendapatkan persetujuan atas rekomendasi Bakal Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan.

"Rekomendasi nama Abdul Muhaimin Iskandar sebagai Bakal Calon Wakil Presiden akan diusulkan untuk dibahas pada Musyawarah Majelis Syura (MMS) PKS," katanya dalam pernyataan tertulis Sabtu, 2 September 2023.

Baca juga
PKS Tak Hadiri Deklarasi Anies-Cak Imin dan Akan Gelar Konpers di Jakarta, Ada Apa?

Ada empat poin yang disampaikan DPP PKS:

Pertama, PKS menyambut baik dan mengucapkan selamat bergabung kepada PKB.

"Ahlan wa sahlan wa marhaban atas bergabungnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden RI pada Pilpres tahun 2024," katanya.

Menurut Ahmad Syaikhu, bergabungnya PKB akan semakin mengokohkan semangat dan optimisme meraih kemenangan pada Pilpres tahun 2024 untuk mewujudkan Indonesia adil, sejahtera, dan bermartabat.

Kedua, PKS menghormati keputusan Partai Nasdem dan PKB yang telah mendeklarasikan pasangan Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden RI dengan Abdul Muhaimin Iskandar sebagai Bakal Calon Wakil Presiden RI yang akan maju pada Pilpres tahun 2024.

Baca juga
Anies Duet dengan Cak Imin, Demokrat Cabut dari Koalisi Perubahan

Ketiga, berdasarkan, Pasal 16 Anggaran Dasar PKS ayat (2) huruf (i) yang menyatakan bahwa kewenangan untuk menetapkan kebijakan Partai berkenaan dengan Pemilihan Presiden dan/atau Wakil Presiden RI adalah Majelis Syura sebagai majelis permusyawaratan tertinggi PKS. Majelis Syura ini keanggotaannya terdiri dari perwakilan anggota PKS seluruh Indonesia.

"Adapun rekomendasi nama Abdul Muhaimin Iskandar sebagai Bakal Calon Wakil Presiden akan diusulkan untuk dibahas pada Musyawarah Majelis Syura (MMS) PKS," katanya.

Keempat, PKS menyatakan memahami dan menghormati keputusan Partai Demokrat yang keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan dan keputusan mencabut dukungan terhadap Pencalonan Anies Rasyid Baswedan sebagai Bacapres RI.

"Sesungguhnya kami sangat berharap Partai Demokrat tetap berada dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan dan mengusung Anies Baswedan sebagai Bacapres RI," katanya.

Artikel lainnya: Catat Ini Daftar Lokasi Uji Emisi Motor dan Mobil di Jakarta, Biayanya Segini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait