Menteri Agama: Jangan Pilih Pemimpin yang Pernah Pakai Agama Sebagai Alat Politik

  • Arry
  • 10 Sep 2023 06:17
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas(humas/Kemenaggoid)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meningatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih pemimpin pada Pilpres 2024. Dia pun mengimbau masyarakat tidak memilih pemimpin yang pernah gunakan agama untuk tujuan politik.

"Agama seharusnya dapat melindungi kepentingan seluruh umat, masyarakat. Umat Islam diajarkan agar menebarkan Islam sebagai rahmat, rahmatan lil 'alamin, rahmat untuk semesta alam. Bukan rahmatan lil islami, tok," kata Gus Yaqut dikutip dari laman Kementerian Agama, Minggu, 10 September 2023.

"Kita lihat calon pemimpin kita ini pernah menggunakan agama sebagai alat untuk memenangkan kepentingannya atau tidak. Kalau pernah, jangan dipilih," tegasnya.

Hal tersebut disampaikan Gus Men saat menghadiri Tablig Akbar Idul Khotmi Nasional Thoriqoh Tijaniyah ke-231 di Pondok Pesantren Az-Zawiyah, Tanjung Anom, Garut, Jawa Barat, pada Minggu, 3 September.

Gus Men pun juga meminta masyarakat tidak memilih pemimpin yang memecah belah ymat.

"Harus dicek betul. Pernah nggak calon pemimpin kita, calon presiden kita ini, memecah-belah umat. Kalau pernah, jangan dipilih," ujarnya.

"Saya berpesan kepada seluruh ikhwan dan akhwat ini agar nanti ketika memilih para pemimpin, memilih calon pemimpin kita, calon presiden dan wakil presiden, kita, lihat betul rekam jejaknya," seru Gus Men.

Menag berharap tarekat Tijaniyah dapat mengambil peran yang lebih besar menjelang tahun politik untuk mendamaikan umat.

"Yaitu bagaimana umat ini bisa tetap tenang, tetap teduh, tetap damai meskipun berbeda-beda dalam pilihannya. Tentu saya juga berharap tarekat Tijaniyah ini menjadi contoh, bagaimana memilih pemimpin yang baik," kata Menag menambahkan.

"Bagaimana memilih pemimpin yang benar-benar bisa dipercaya, bisa diberikan amanah untuk memimpin bangsa besar. Bangsa yang memiliki keragaman, bangsa yang memiliki banyak perbedaan, tetapi itu menjadi kekuatan kita," ujarnya.

Artikel lainnya: Astra Gelar Uji Emisi Gratis hingga 31 Desember 2023, Ini Daftar Lokasi 45 Bengkelnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait