Viral Calon Tamtama TNI Jago 4 Bahasa Asing, KSAD Jenderal Dudung: Masuk Bintara Saja

  • Arry
  • 29 Sep 2023 14:06
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman bertemu calon Tamtama Rafi Atqiya yang menguasai empat bahasa asing(ist/ist)

Viral sebuah video seorang calon siswa atau casis yang mendaftar Tamtama TNI bernama Rafi Atqiya, 21 tahun, unjuk kebolehan bahasa asing di hadapan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Dalam video yang beredar, seperti diunggah akun Instagram @andreli_48, Rafi awalnya memperkenalkan diri di depan Jenderal Dudung. Dia menggunakan 4 bahasa yakni Inggris, Arab, Rusia, dan Italia saat perkenalan itu.

Namun belum selesai Rafi memperkenalkan diri, ucapannya langsung dipotong Jenderal Dudung. Dia langsung memerintahkan panitia seleksi untuk memasukkan Rafi ke pendidikan Bintara, bukan Tamtama.

"Kalau gitu jangan Tamtama. Masuk Bintara aja. Kamu langsung masuk pendidikan," ujar Dudung yang disambut Rafi dengan sujud syukur.

Baca juga:
Anak Pamen TNI AU Ditemukan Tewas Terbakar di Lanud Halim Perdana Kusumah

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigadir Jenderal TNI Hamim Tohari mengungkapkan, pertemuan Jenderal Dudung dan Rafi terjadi pada Kamis, 14 September 2023. Saat itu Dudung tengah melakukan kunjungan kerja di Bandung.

"Kasad mengundang Rafi Atqiya (21), salah seorang Casis Tamtama PK asal Kampung Bintangresmi, Desa Gajrug, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten, yang mengikuti seleksi Tamtama Gelombang II TA 2023 pada 11-23 September 2023," ujar Hamin dalam keterangannya.

Hamim menjelaskan, Dudung juga sempat menanyakan penilaian seleksi Rafi yang meliputi kesehatan, jasmani, akademik, mental ideologi, dan psikologi.

Jenderal Dudung pun menilai kemampuan bahasa Rafi sangat dibutuhkan. Dia pun memberikan kesempatan bagi Rafi mengembangkan kemampuan bahasa asing melalui pendidikan Kursus Intensif Bahasa Asing (KIBI).

Baca juga
Panglima TNI Yudo Margono Minta Maaf Soal Komentar Piting Soal Demo Pulau Rempang

"Yang hanya diperuntukkan bagi Bintara dan Perwira TNI," ujar Hamim.

"Dengan harapan Rafi dapat berkontribusi besar bagi TNI AD ke depan lewat penguasaan bahasa asingnya," jelasnya.

Hamim menjelaskan, Rafi mampu menguasai empat bahasa asing memperoleh kemampuan ini dengan cara belajar secara otodidak. Kemampuan itu dia dapatkan melalui buku-buku bahasa asing yang ia beli sendiri.

Untuk diketahui, rekrutmen Bintara dilaksanakan sebelum 9 September 2023. Sedangkan pembukaan pendidikan Bintara TNI AD dilaksanakan pada 12 September 2023 dan akan ditutup pada 29 Januari 2024.

Artikel lainnya: Bendahara Nasdem Ahmad Sahroni Ungkap Mentan Syahril Yasi Limpo Jadi Tersangka KPK

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait