Kronologi Jembatan Kaca Tempat Wisata The Geong Jateng Pecah: Ada Suara Mengerikan

  • Arry
  • 26 Okt 2023 09:13
Jembatan Kaca tempat wisata The Geong Banyumas pecah(ist/ist)

Wahana jembatan kaca di tempat wisata The Geong, kompleks Hutan Pinus Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pecah. Insiden ini menyebabkan tiga orang terluka dan satu orang meninggal dunia. Begini kronologinya.

Peristiwa ini terjadi pada Rabu, 25 Oktober 2023 sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu sejumlah pengunjung menaiki jembatan kaca setinggi 15 meter tersebut.

Salah satu saksi mata, Sunarto menceritakan, detik-detik jembatan kaca terseput pecah. Menurutnya, saat itu terdengar suara yang mengerikan dari arah jembatan.

"Saya lagi di sini tiba-tiba dengar suara 'glok, kropyak-kropyak' dari suara pecahan kaca," kata penjaga toilet ini di lokasi kejadian.

Sunarto mengaku langsung menuju lokasi kejadian. Dia melihat ada dua orang terjatuh. Sedangkan dua lainnya tersangkut di rangka jembatan.

Baca juga
Jembatan Kaca Wisata The Geong Banyumas Pecah, 4 Wisatawan Jatuh, 1 Tewas

"Saya lihat dua jatuh ke bawah, dua tersangkut. Dua orang yang jatuh itu tidak sadarkan diri, ibu-ibu semua," ujar Sunarto.

"Saya langsung teriak-teriak meminta tolong kepada orang-orang yang sedang kerja," kata Sunarto.

Kapolresta Banyumas Kombes Edy Suranta Sitepu mengungkapkan, ada 11 wisatawan yang tengah menikmati wahana jembatan kaca tersebut sebelum pecah.

"Dari info yang kami kumpulkan total ada 11 wisatawan dari Cilacap yang menggunakan wahana tersebut," kata Edy.

Kemudian, ada sebagian kaca pada jembatan pecah. Dan retakan kemudian meluas hingga menyebabkan empat orang terjatuh.

"Empat orang jatuh, dua orang sempat berpegangan (ke rangka jembatan). Dan dua lainnya terjatuh, yaitu perempuan berinisial A (41) dan FA (49)," jelas Edy.

Baca juga
Harga Tiket Masuk 11 Obyek Wisata di Guci Tegal Terbaru

Dua orang yang terjatuh langsung dilarikan ke rumah sakit. Namun FA dinyatakan meninggal dunia, sedangkan A luka ringan.

Tim labfor diturunkan

Edy menjelaskan, kini tim Labfor Polda Jawa Tengah telah diturunkan untuk menyelidiki penyebab pecahnya kaca pada jembatan tersebut.

"Kami sudah menghubungi labfor, dari Semarang sedang menuju ke sini. Kami juga akan menggandeng ahli, apakah (jembatan kaca tersebut) layak atau tidak," kata Edy.

"Kami juga memeriksa pengelola dan sebagainya," ujar Edy.

Edy menjelaskan, kini wahana jembatan kaca The Geong ditutup sementara.

"Untuk sementara (wahana jembatan kaca) ditutup dulu, kami sudah berkoordinasi dengan pengelola," kata Edy.

Untuk diketahui, jembatan kaca itu memiliki ketinggian sekitar 15 meter dari tanah. Jembatan ini berbentuk huruf T dengan panjang masing-masing sisi sekitar 15 meter.

Kaca pada jembatan itu berjenis tempered glass yang memiliki ketebalan 12 milimeter.

Artikel lainnya: Viral Video Megawati Hempas Tangan Jokowi, Puan Bilang Begini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait