Daftar Belasan Proyek Triliunan Rupiah dari Pusat Poles Kota Solo di Era Gibran

  • Arry
  • 28 Okt 2023 10:55
Balaikota Surakarta atau Solo(pemkot surakarta/surakarta.go.id)

Pembangunan Kota Solo mengalami perkembangan pesat saat dipimpin Gibran Rakabuming Raka. Dalam dua tahun terakhir, belasan proyek dari Pemerintah Pusat dengan nilai triliunan rupiah digarap oleh putra sulung Presiden Jokowi itu.

Untuk diketahui, Gibran mulai memimpin Solo pada Februari 2021. Gibran yang berpasangan dengan Teguh Prakosa meraih 86,5 persen suara. Saat itu Gibran-Teguh diusung PDIP, Gerindra, PAN, PSI, PKB, dan Golkar. Gibran-Teguh menang atas pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo.

Lalu proyek apa saja yang digarap Gibran dengan anggaran dari pemerintah pusat? Berikut daftarnya:

1. Rel Layang Simpang Joglo

Mengutip situs resmi Pemerintah Kota Solo, rel layang Simpang Tujuh Joglo menjadi rel layang terpanjang di Indonesia yakni 1,3 kilometer. Rel ini diproyeksikan untuk mengatasi kemacetan di perlintasan sebidang Simpang Joglo, Solo.

Proyek senilai Rp980 miliar ini mreupakan kerjasama antara Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota Surakarta.

2.Revitalisasi Pasar Jongke

Revitalisasi Pasar Jongke menjadi satu dari 16 prioritas proyek revitalisasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta. Revitalisasi pasar tradisional ini mulai digarap pada pertengahan 2023 dengan biaya mencapai Rp 152.020.320.000.

3. Revitalisasi Taman Balekambang

Revitalisasi Taman Balekambang mulai digarap ada akhir 2022. Proyek ini dilakukan oleh kontraktor PT PP-Utama KSO dengan anggaran Rp159,4 miliar dengan biaya APBN TA 2022-2023. Revitalisasi ini mencakup pembangunan panggung pertunjukan terbuka, gedung pertunjukan, pendopo kedatangan, aviary & taman rusa, taman bunga, skywalk, dan embung serta kolam partini.

4. Revitalisasi Pasar Mebel Gilingan

Revitaliasi Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Mebel Gilingan di Jalan Ahmad Yani, Gilingan Solo ini sudah dimulai pada pertengahan 2022. Diperkirakan, revitalisasi ini akan menghabiskan biaya sekitar Rp 50,8 miliar yang didanai Kementerian Perindustrian.

5. Penataan Jalan Ngarsopuro-Gatot Subroto

Proyek jalan Ngarsopuro-Gatot Subroto ini sudah dimulai sejak Juni 2022 dengan anggaran Rp31,6 miliar dari Kementerian PUPR. Proyek ini mengerjakan fasad dan gapura dengan konsep wayang, Pasar Triwindu, pedestrian dan jalan lingkungan, drainase lingkungan, mural, kanopi, dan lampu kawasan.

6. Renovasi Pura Mangkunegaran

Renovasi Pura Mangkunegaran sudah digelar pada 2022. Fokus pembangunan dilakukan di bekas lapangan tenis yang berada di sisi utara barat Pura Mangkunegaran. Renovasi ini menghabiskan anggaran Rp18 miliar yang berasal dari Kementerian BUMN.

7. Revitalisasi Lokananta

Revitalisasi studio rekaman legendaris Lokananta ini didukung Kementerian BUMN dengan anggaran mencapai Rp50 miliar.

8. Revitalisasi Keraton Kasunanan

Proyek revitalisasi Keraton Kasunanan dimulai pada Juli 2023. Revitalisasi ini diperkirakan menghabiskan anggaran Rp35 miliar yang berasal dari APBN 2023 dan 2024 Kementerian PUPR.

9. Pembangunan Viaduk Gilingan

Proyek Viaduk Gilingan merupakan rangkaian dari pembangunan elevated rail atau rel layang double track (rel ganda) simpang Joglo, Kadipiro, Banjarsari. Proyek jembatan di atas jalan ini dilakukan pada Februari 2023 dengan anggaran Rp18 miliar yang berasal dari Kementerian Perhubungan.

10. Rusun Putri Cempo

proyek rusun Putri Cempo digarap pada 2022. Proyek ini sebagai upaya pemerintah mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang ada sekaligus mengurangi backlog atau kekurangan perumahan. Diperkirakan anggaran pembangunan ini mengabiskan anggaran Rp17,26 miliar yang berasal dari Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.

11. Rehabilitasi Pasar Legi

Proyek rehabilitasi Pasar Legi Surakarta dilakukan usai terbakar pada 2018 dan 2020. Proyek ini dilakukan pada 2021 dengan anggaran Rp114,7 miliar dan digarap oleh PT Pembangunan Perumahan Urban (Persero) dan PT Yodya Karya (Persero) Wilayah 1.

12. Jembatan Jurug

Jembatan Jurug merupakan proyek untuk menghubungkan Kota Solo dan Kabupaten Karanganyar. Jembatan ini membentang di bawah Kali Bengawan Solo.Proyek ini merupakan garapan dengan anggaran dari Kementerian PUPR.

13. Masjid Syeikh Zayed

Proyek Masjid Syeikh Zayed ini merupakan hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab, Syeik Mohamed Bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Joko Widodo. Masjid ini kemudian dibangun di Solo. Proyek ini diperkirakan menghabiskan anggaran Rp300 miliar.

Artikel lainnya: Selebgram Semarang ZDL Ditangkap Usai Buang Bayi di Tong Sampah Bandara Ngurah Rai

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait