Presiden Jokowi Serukan Gencatan Senjata di Gaza: Israel Harus Tanggung Jawab

  • Arry
  • 13 Nov 2023 16:04
Presiden Joko Widodo atau Jokowi(humas/setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo menyerukan gencatan senjata di Gaza. Dia pun meminta agar Israel bertanggung jawab atas kerusakan yang telah terjadi di Gaza, Palestina.

Hal ini disampaikan Jokowi di Washington DC, Amerika Serikat. Sebelumnya, Jokowi menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam atau OKI di Arab Saudi.

"Saat KTT, saya menyampaikan secara jujur bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina," kata Jokowi dalam keterangannya, Senin, 13 November 2023.

Dalam KTT, Jokowi mengajak negara anggota untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi Palestina.

Baca juga
MUI: Haram Hukumnya Beli Produk yang Dukung Israel

"Gencatan senjata harus segera diwujudkan. Bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbayak. Perundingan damai harus segera dimulai. Fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran," ujarnya.

"Dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang dilakukan," tegas Jokowi.

"Alhamdulillah KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan sangat kuat untuk dunia. Dan pesan inilah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden esok hari, di mana ini adalah suara dari 57 negara atau sekitar sepertiga suara negara di dunia," pungkasnya.

Hingga saat ini serangan Isral di Gaza masih terus berlangsung sejak 7 Oktober 2023. Belasan ribu penduduk dinyatakan tewas dalam aksi tersebut.

Artikel lainnya: Jelang Konser Coldplay di Jakarta, Harga Kamar Hotel dekat GBK Sentuh Rp8 Juta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait