PKS Janji Jakarta Tetap Ibu Kota Negara

  • Arry
  • 26 Nov 2023 19:07
Kota Jakarta(@Javaistan/pixabay)

Partai Keadilan Sejahtera atau PKS menegaskan mempertahankan Jakarta sebagai ibu kota negara daripada pindah ke IKN di Kalimantan Timur. Hal tersebut akan dilakukan jika partai bernomor urut 8 itu memenangi Pemilu 2024.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menilai DKI Jakarta masih layak menjadi ibu kota negara. Dia mengungkapkan sejumlah alasan untuk mempertahankan Jakarta sebagai ibu kota.

"Yang pertama argumen historis. DKI Jakarta tempat di mana Ir Soekarno mengumandangkan proklamasi kemerdekaan di Jakarta. Sumpah pemuda dan peristiwa-peristiwa bersejarah lainnya dilahirkan di Jakarta," ujar kata Ahmad Syaikhu dalam Kick Off Kampanye Nasional di Depok, Minggu, 26 November 2023.

"Tentu aspek historis ini harus menjadi pertimbangan yang sangat penting bagaimana ibu kota negara ini ditempatkan. Ibu kota negara ini mewarisi nilai-nilai historis bangsa yang tidak mungkin kita abaikan dalam rangka nation and karakter building," tambah Syaikhu.

Baca juga
PKS Soroti Posisi Duduk Saat Presiden Jokowi Jamu 3 Bakal Capres di Istana

Syaikhu menyatakan, pembangunan harus mampu menghadirkan keadilan dan pemerataan di seluruh Indonesia. Namun, ide memindahkan ibu kota sebagai upaya untuk melakukan pemerataan adalah alasan yang tidak tepat.

"Pemerataan pembangunan bukan dilakukan dengan memindahkan ibu kota, tetapi dengan membangun pusat pertumbuhan ekonomi baru berdasarkan keunggulan daya saing masing-masing wilayah. Pemerataan juga bisa dilakukan dengan memajukan yang tertinggal sehingga kemudian kota menengah jadi kota besar," paparnya.

"Ketiga adalah argumen keberlanjutan. Kita ingin pembangunan yang kita jalankan harus memiliki dimensi antar generasi, dimensi keberlanjutan yang melestarikan lingkungan hidup dan merawat ekologi. Pulau Kalimantan bukan sekadar paru-paru Indonesia tapi juga paru-paru dunia," ujarnya.

Baca juga
Ibu Kota Pindah ke IKN, Warga Jakarta Wajib Ganti KTP Pada 2024

Sementara itu Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Mohamad Sohibul Iman, meyakinkan untuk mempertahankan Jakarta sebagai ibu kota negara jika partai mereka memenagi pemilu.

"Salah satu ide gagasan ataupun kampanye kinerja PKS adalah, PKS akan menyatakan jika PKS menang, ibu kota negara tetap Jakarta," kata Sohibul Iman.

Sohibul menegaskan, PKS sjak awal menolak RUU IKN. "Ini walaupun secara warning agak panjang, tetapi substansinya straight forward orang tidak perlu menafsirkan apa pun, dengan kalimat ini artinya ibu kota negara tidak pindah ke Nusantara, tetap di Jakarta," ujar dia.

"Mudah-mudahan, isu ibu kota negara tetap Jakarta ini menjadi bahasa Pak Presiden tadi. Kampanye gagasan unggulan dari PKS karena memang PKS sudah dari awal menolak tentang RUU IKN dan sekarang kita sampaikan kepada masyarakat," kata Sohibul.

Artikel lainnya: Lapangan JIS Tergenang Air: PSSI Salahkan Drainase, Jakpro Bilang Gini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait