Dianggap Provokasi Saat Prabowo Dicecar Kasus MK saat Debat Capres, Gibran Buka Suara

  • Arry
  • 14 Des 2023 13:39
Aksi Gibran Rakabuming Raka saat debat Capres 2024 di KPU(ist/ist)

Aksi cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka saat Debat Capres di Kantor KPU pada 12 Desember menyita perhatian. Tindakan anak presiden Joko Widodo itu dinilai memprovokasi pendukungnya agar terus bersorak.

Aksi Gibran mengompori pendukungnya itu terjadi saat Prabowo Subianto 'diserang' Anies baswedan terkait kasus Mahkamah Konstitusi yang juga menyeret nama pamannya, Anwar Usman.

Saat itu Gibran terekam kamera sempat bangun dari kursinya. Dia kemudian menggerakkan tangan naik turun untuk membakar semangat pendukung.

Aksi Gibran Rakabuming Raka saat Debat Capres di KPU

Gibran pun akhirnya buka suara soal aksinya tersebut. Cawapres Prabowo Subianto itu mengaku telah mendapat teguran.

"Ya semua teguran dan evaluasi kami terima. Saya mohon maaf sepenuhnya," ujar Gibran di Solo, Kamis, 14 Desember 2023.

Namun Gibran tak menjawab saat ditanya alasannya melakukan tindakan tersebut, apakah sengaja provokasi atau ingin menunjukkan respek ke Prabowo.

Saat Debat Capres 2024 di KPU, Anies melontarkan pertanyaan ke Prabowo soal etika dibalik putusan MK terkait usia cawapres.

"Apa perasaan Bapak ketika mendengar ada pelanggaran etika di situ?" tanya Anies pada Prabowo dalam sesi debat malam itu.

Baca juga
Disindir Tak Tahan Jadi Oposisi, Prabowo: Sorry ye, Saya Tak Takut Tak Punya Jabatan

"Masalah yang dianggap pelanggaran etika sudah diambil tindakan dan keputusan, ya, waktu itu oleh pihak yang diberi wewenang kemudian sudah ada tindakan, dan tindakan pun itu masih diperdebatkan karena yang bersangkutan masih memproses. Tetapi intinya adalah bahwa keputusan itu final dan tidak dapat diubah, ya saya laksanakan, dan kita ini bukan anak kecil, Mas Anies," jawab Prabowo.

"Anda juga paham ya. Sudahlah ya. Sekarang begini, intinya rakyat yang putuskan. Rakyat yang menilai. Kalau rakyat tidak suka Prabowo-Gibran tidak usah pilih kami, saudara-saudara," ujar Prabowo.

Saat itu Gibran kemudian berdiri dari kursinya dan diduga memprovokasi pendukungnya. Namun tampak terlihat seseorang menarik Gibran untuk menghentikan aksinya. Gibran kemudian kembali ke duduk di kursinya.

"Dan saya tidak takut, tidak punya jabatan, Mas Anies. Sorry ye. Sorry yeee. Mas Anies.. Mas Anies.. saya tidak punya apa-apa, saya sudah siap mati untuk negara ini," kata Prabowo.

Artikel lainnya: Muhyani Jadi Tersangka Usai Berduel Hingga Menewaskan Maling Kambing, Ini Kata Polisi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait