Eks Timses Akui Trauma Taktik Jokowi Gunakan Istilah Singkatan Asing

  • Arry
  • 24 Des 2023 13:13
Andi Widjajanto, mantan Jubir Jokowi sekaligus mantan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia(lemhanas ri/lemhanas.go.id)

Bekas tim sukses Jokowi, Andi Widjajanto, mengungkapkan taktik yang dipakai Jokowi pada Debat Pilpres 2014. Taktik tersebut kini dipakai oleh putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka saat Debat Cawapres.

Taktik yang dimaksud adalah penggunaan istilah asing yang jarang didengar publik. Menurut Andi, teknik tersebut telah membuat timnya trauma.

“Dulu teknik itu dipakai Pak Jokowi memang di debat. Itu membuat kami timnya trauma sebetulnya ketika teknik itu dipakai pak Jokowi,” kata Andi Widjajanto di Jakarta, Sabtu, 23 Desember 2023.

Andi yang kini menjadi Tim Sukses Ganjar Pranowo-Mahfud MD, kubu yang berseberangan dengan Gibran, menyatakan, teknik penggunaan istilah singkatan itu dipakai Jokowi untuk mengantisipasi keahlian Prabowo Subianto, yang saat itu menjadi lawannya, di bidang ekonomi.

Baca juga
Debat Cawapres, Gibran Selepet Cak Imin: Dulu Potong Tumpeng di IKN, Kini Gak Dukung

Menurut Andi, timnya bahkan sampai menyiapkan kamus berisi daftar singkatan dari huruf A hingga Z untuk mengantisipasi pertanyaan dari Prabowo.

“Kami di timnya saat itu menyiapkan glossary tentang pertanyaan dari huruf A sampai huruf Z, benar-benar kami siapkan,” ujar bekas Juru Bicara Jokowi itu.

“Kalau Pak Jokowi di panggung ada singkatan lupa. Oh Beliau buka, oh ini artinya b ini,” ujar mantan Ketua Lemhanas itu.

Andi pun menilai, teknik seperti itu justru menurunkan kualitas debat. Sebab, paslon akan disibukkan untuk menghafal singkatan dibanding substansi tema debat.

“Kualitas debat menjadi turun ya signifikan. jadi akhirnya kita punya wapres singkatan. Siapa yang menjadi wapres adalah wapres yang hafal singkatan, kan repot sehingga kita memiliki kriteria baru,” ujarnya.

Baca juga
Survei Litbang Kompas Debat Cawapres: Mahfud MD Kuasai Masalah, Cak Imin Ciamik

Seperti diketahui, Gibran Rakabuming Raka meniru taktik bapaknya itu saat Debat Cawapres pada 22 Desember 2023. Saat itu cawapres nomor urut 02 itu melontarkan sejumlah pertanyaan singkatan kepada Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD.

Salah satu pertanyaan yang dilontarkan ke Muhaimin adlah strategi untukmeningkatkan peringkat Indonesia dalam SGIE alias State of the Global Islamic Economy.

"Karena Gus Imin ini adalah ketua umum PKB, saya yakin Gus Imin paham untuk masalah ini, bagaimana langkah Gus imin untuk menaikkan Indonesia di SGIE?" tanya Gibran ke Cak Imin dalam debat Cawapres.

Cak Imin mengaku bingung dengan istilah SGIE yang dilontarkan Gibran. "Terus terang saya tidak paham SGIE itu apa?" ungkapnya.

"Gus kita kan sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah dan keuangan syariah, otomatis kita harus ngerti juga SGIE adalah State of Global Islamic Economy. Mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya Gus," kata Gibran.

Namun, setelah dijelaskan maksud dari singkatan SGIE tersebut, Muhaimin dengan mudah menjawab pertanyaan Gibran.

Artikel lainnya: Ada 26 Jalan di Jakarta Ditutup Saat Malam Tahun Baru 2024, Cek Rute Pengalihannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait