Tungku Smelter Pabrik Nikel PT ITSS di Morowali Meledak, 51 Orang Jadi Korban

  • Arry
  • 24 Des 2023 14:47
Tungku smelter milik PT ITSS di Morowali, Sulawesi Tengah meledak(ist/ist)

Tungku smelter di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel atau ITSS meledak. Pabrik pengolahan nikel ini beroperasi di Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah.

Media Relations Head PT IMIP, Dedy Kurniawan, menyatakan, ledakan ini menyebabkan 51 orang menjadi korban. Rinciannya, 12 orang tewas dan 39 mengalami luka bakar.

"Jumlah korban saat ini sebanyak 51 orang. Dua belas orang menjadi korban jiwa pada peristiwa, terdiri dari 7 tenaga kerja Indonesia dan 5 Tenaga Kerja Asing," kata Dedy Kurniawan dalam keterangannya, Minggu, 24 Desember 2023.

"Korban luka ringan dan berat sebanyak 39 korban luka-luka yang saat ini sedang mendapatkan penanganan medis," sambungnya.

Tungku smelter PT ITSS di Morowali meledak

Dedy menjelaskan, ledakan ini terjadi pada Mingu, 24 Desember sekitar pukul 05.30 Wita. Peristiwa ini bermula dari sejumlah pekerja tengah memperbaiki tungku dan pemasangan pelat pada bagian tungku. Sehingga terjadi ledakan.

"PT IMIP sebagai perusahaan yang menaungi kawasan lingkar industri Morowali sangat berduka sedalam-dalamnya atas musibah ini, terutama keluarga para korban yang terdampak dari peristiwa ini," kata Dedy.

Api berhasil dipadamkan pada pukul -9.10 Wita. Seluruh korban juga telah dibawa ke klinik 1 dan 2 PT IMIP.

"PT IMIP terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menginvestigasi kejadian ini, termasuk penanganan korban. PT IMIP akan menanggung seluruh biaya perawatan bagi korban dan memenuhi hak dan kewajiban para korban," jelasnya.

Artikel lainnya: Eks Timses Akui Trauma Taktik Jokowi Gunakan Istilah Singkatan Asing

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait