Anies Baswedan Awali Debat Capres dengan Bahasa Isyarat, Apa Maknanya?

  • Arry
  • 4 Feb 2024 21:40
Capres nomor urut 01 Anies Baswedan saat Debat kelima Pilpres 2024(kpu ri/youtube)

Calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan memulai debat kelima Pilpres 2024 dengan menggunakan bahasa isyarat. Apa maknanya?

Debat kelima Pilpres 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, Minggu 4 Februari 2024. Anies mendapat giliran ketiga memaparkan visi dan misinya usai Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Saat memulai visi misinya, Anies terlihat menunjuk jam tangan yang dipakai di tangan kiri. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian menggerakkan jari seperti mengikat sesuatu dari depan ke belakang.

Gerakan menunjuk jam tangan diduga berarti waktu. Sedangkan gerakan tangan seperti mengikat sesuatu berarti berubah atau perubahan.

Hal ini sesuai dengan tagline kampanye Anies Baswedan. Dia seperti ingin memberikan pesan 'Waktunya Perubahan' kepada para disabilitas tuli.

Bahasa isyarat Anies Baswedan

Aksi Anies baswedan ini pun mengundang pertanyaan dari netizen.

"Itu gerakan anies di awal maksudnya apa ya?"

"Gile pak Anies, lagi acara #DebatCapres sepenting ini masih sempet-sempetnya pake bahasa isyarat yang artinya "Waktunya Perubahan" Lumayan, sedikit meringankan kerja translator yang di pojok kanan bawa."

"Gerakan awal pak anies artinya: "Waktunya perubahan".

""WAKTUNYA PERUBAHAN" PAKE BAHASA INSYARAT KEREN BGT ABAH."

Debat kelima Pilpres 2024 ini mengangkat tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan Inklusi.

Artikel lainnya: Kecelakaan Maut Bus Kader Partai Hanura: Kronologi, Penyebab, Identitas Korban Tewas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait