KPU Setop Tampilkan Grafik Perolehan Suara Pilpres dan Pileg, Apa Alasannya?

  • Arry
  • 6 Mar 2024 10:21
Real Count di Sirekap KPU(dprd dki jakarta/dprd-dkijakartaprov.go.id)

Komisi Pemilihan Umum atau KPU menghentikan menamilkan grafik data perolehan suara Pilpres dan Pileg dalam Sirekap di laman resmi. Apa alasannya?

Grafik data perolehan suara total Pilpres dan Pileg 2024 biasanya muncul di laman pemilu2024.kpu.go.id. Kini dalam website itu hanya menampilkan data dari tiap TPS di seluruh provinsi saja.

Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik, menjelaskan alasan tidak lagi menampilkan grafik data perolehan suara secara total. KPU pun kini hanya menampilkan formulir model c hasil plano saja dalam Sirekap.

"Kini kebijakan KPU hanya menampilkan bukti otentik perolehan suara peserta Pemilu," kata Idham kepada wartawan, Selasa, 5 Maret 2024.

Idham menjelaskan, fungsi utama Sirekap yakni untuk publikasi foto dan formulir model c hasil plano. Menurutnya, publik selama ini jarang melihat foto formulir model c hasil.

Baca juga
PPP Ungkap Kenehan Suara PSI: Dapat 6 Ribu Ditulis 10 Ribu, Suara Caleg Pindah ke PSI

Padahal data di formulir c hasil plano merupakan bukti otentik yang dari tiap TPS. Pengisian formulir itu pun disaksikan para saksi dari pasangan calon dan partai politik, serta diawasi oleh Panwas.

"Ketika hasil pembacaan teknologi Sirekap tidak atau kurang akurat dan belum sempat diakurasi oleh uploader (KPPS) dan operator Sirekap KPU Kabupaten/Kota akan jadi polemik dalam ruang publik yang memunculkan prasangka," ujarnya.

"Dalam menjalankan tahapan penyelenggaraan Pemilu, KPU membuat keputusan atau kebijakan secara mandiri termasuk kebijakan yang hanya menampilkan foto formulir Model C Hasil plano saja," jelasnya.

"Sirekap fokus ke tampilan foto formulir model c hasil saja, tanpa menampilkan kembali data numerik hasil tabulasi sementara perolehan suara peserta pemilu hasil pembacaan foto formulir model c hasil plano," tambah Idham.

Artikel lainnya: Viral Amies Rais Terobos Ajudan Demi Salaman dengan Prabowo, Netizen: Kasian Amat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait