Pilot-Kopilot Batik Air Sarapan Mi Instan Sebelum Tidur, Pesawat Nyasar ke Cianjur

  • Arry
  • 10 Mar 2024 10:56
Pilot-Kopilot Batik Air Tertidur Hingga Pesawat Keluar Jalur(ist/ist)

Maskapai Batik Air akhirnya buka suara soal peristiwa pilot dan kopilot yang tidur saat menerbangkan pesawat dari Kendari menuju Jakarta pada 25 Januari 2024. Keduanya telah dibebastugaskan usai insiden tersebut.

"Pada 26 Januari 2024, Batik Air mengambil tindakan preventif dengan menonaktifkan (membebastugaskan) sementara pilot penerbangan nomor ID-6723, rute Kendari ke Jakarta yang bertugas pada 25 Januari 2024," kata Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangannya yang diterima Newscast.id, Sabtu, 9 Maret 2024.

"Keputusan tersebut merupakan bentuk keseriusan perusahaan terhadap pentingnya aspek keselamatan serta dalam rangka menjalankan investigasi yang menyeluruh," ujarnya.

Danang menjelaskan, sang pilot berusia 29 tahun. Sedangkan kopilot berusia 32 tahun.

"Menanggapi hasil investigasi dan rekomendasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Batik Air berkomitmen untuk menerapkan seluruh rekomendasi keselamatan," ujarnya.

"Batik Air beroperasi dengan kebijakan istirahat yang memadai sesuai dengan regulasi untuk awak pesawat sebelum melaksanakan tugas penerbangan. Ketentuan ini dirancang khusus untuk memastikan bahwa awak pesawat berada dalam kondisi fisik dan mental optimal saat menjalankan tugas," urainya.

"Hal ini merupakan langkah penting dalam upaya selalu mempertahankan standar tertinggi dalam keselamatan penerbangan.. Batik Air berkomitmen untuk selalu berkoordinasi dengan Regulator, awak pesawat dan pihak-pihak terkait (berwenang) lainnya dalam meningkatkan standar keselamatan penerbangan," tutup Danang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait