Panitia Super Bike Mandalika Bikin Malu Indonesia, Properti Ducati Dibongkar

  • Arry
  • 11 Nov 2021 11:44
Kargo tim Ducati untuk ajang Superbike Mandalika dibuka oknum panitia Mandalika Grand Prix Association(ist/ist)

Gelaran penutup World Superbike 2021 akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, akhir pekan ini. Namun, ada insiden yang dilakukan panitia yang mencoreng nama Indonesia.

Untuk diketahui, saat ini kebutuhan logistik pembalap Super Bike sudah tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat atau NTB sejak Senin, 8 November 2021.

Namun, ternyata ada beberapa properti peserta yang dibongkar oknum promotor dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Tim Ducati yang harus tertimpa kesialan tersebut.

Menurut laporan laman Speedweek, Kamis, 11 November 2021, peristiwa tersebut terjadi pada Rabu,10 November. Dalam foto yang tersebar di sosial media, terlihat seorang staf dari panitia Mandalika Grand Priz Association, promotor lokal, membuka boks kargo milik Dicati.

Terlihat dengan jelas boks itu berisi motor superbike Ducati Panigale V4 R milik pabrikan Aruba.it Racing-Ducati.

Pada bagian kaca depan motor tertulis nama Rinaldi. Jadi dipastikan motor tersebut milik pembalap asal Italia, Michael Ruben Rinaldy.

Direktur Sport Ducati Corse Paolo Ciabatti langsung marah besar atas insiden ini. Mereka langsung menajukan protes kepada pihak WSBK.

Untuk diketahui, kargo logistik peserta hanya boleh dibuka oleh otoritas kepabeanan setempat dan pemilik. Hal ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya spionase dan manipulasi dari pihak tak bertanggung jawab.

Direktur Eksekutif WSBK, Gregorio Lavilla meminta maaf dan langsung mengambil tindakan tegas.

“Kami sungguh meminta maaf. Kejadian ini berada di luar kendali kami. Pegawai yang besangkutan sudah dipecat,” kata Lavilla dikutip Speedweek.

Kejadian ini tentu membuat malu Indonesia yang akan menggelar balapan bertaraf internasional pertama sejak 24 tahun terakhir. Ajang Superbike terakhir kali digelar di Sirkuit Sentul, Indoensia pada 1997.

Ajang Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika akan berlangsung pada 12-14 November 2021. Sirkuit ini juga akan menjadi tuan rumah bagi ajang MotoGP 2022.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait