Soal Tes PCR Rp6 Juta di Sirkuit Mandalika, Fotografer MotoGP Beri Klarifikasi

  • Arry
  • 11 Feb 2022 12:37
Tes PCR Covid-19(Elchinator/pixabay)

Fotografer MotoGP, Gareth Harford, sempat mengeluhkan mahalnya harga tes PCR untuk mengikuti tur pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika. Dia mengaku mengeluarkan 310 pounds atau sekitar Rp6 juta untuk sekali tes.

Harga tes PCR di Indonesia seharusnya tidak mencapai jutaan rupiah. Pemerintah sudah menerapkan harga tes PCR untuk Jawa dan Bali Rp275 ribu. Sementara di luar Jawa dan Bali harga tes PCR Rp300 ribu.

Unggahan Harford soal tes PCR itu pun kemudian viral. Harford pun langsung kembali membuat klarifikasi soal harga tes PCR di Indonesia.

Baca Juga
Fotografer MotoGP di Mandalika Kaget Diminta Rp6 Juta Untuk Tes PCR

Harga 310 pounds atau Rp6 juta yang dia maksud ternyata biaya tes PCR selama perjalanan dari Inggris hingga ke Mandalika, Lombok.

“Hanya untuk mengklarifikasi. Harga 310 pounds (Rp6 juta) bukanlah biaya untuk melakukan tes PCR di Lombok. Itu semua adalah harga yang harus dibayarkan untuk semua tes (PCR) yang dilakukan semenjak saya meninggalkan Inggris,” tulis Harford di Story Instagram-nya, dilihat Jumat, 11 Februari 2022.

Klarifikasi fotografer Gareth Harford soal tes PCR sebelum tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB

Harford kemudian juga sempat mengunggah foto biaya tes PCR yang harus dia keluarkan saat di Mandalika. Nilainya mencapai Rp978.500. Namun tak dijelaskan biaya tersebut untuk apa saja.

Namun belakangan unggahan mengenai harga tes PCR Rp978 ribu itu dihapus dari story Instagram-nya.

Klarifikasi fotografer Gareth Harford soal tes PCR sebelum tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, menegaskan, saat ini biaya tes Covid-19 di pulau Jawa-Bali adalah Rp275 ribu. Sementara di luar pulau Jawa dan Bali dibanderol Rp300 ribu.

"Sebagaimana SE dari Kemenkes yang dikeluarkan sejak Oktober tahun 2021, bahwa batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT PCR secara mandiri di wilayah pulau Jawa dan Bali adalah Rp275 ribu. Sedangkan untuk wilayah di luar pulau Jawa dan Bali adalah Rp300 ribu," kata Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis, 10 Februari 2022.

Baca Juga
Kru MotoGP Disuruh Bayar Rp6 Juta Untuk Tes PCR di Mandalika, Ini Tanggapan Satgas

Mengenai kasus kru MotoGP itu, Wiku menegaskan, Dinas Kesehatan setempat harus memberikan sanksi kepada oknum tersebut.

"Dinas Keseharan provinsi memiliki wewenang untuk memberikan sanksi sesuai peraturan perundangan yang berlaku, karena melanggar hak konsumen," ujarnya.

Tes pramusim digelar mulai 11 Februari 2022 dan akan berlangsung selama tiga hari. Sedangkan balapan MotoGP Mandalika akan digelar pada pertengahan Maret 2022.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait