Klasemen Akhir SEA Games: Voli Rebut Emas, Basket Cetak Sejarah, Indonesia Finis ke-3

  • Arry
  • 23 Mei 2022 09:56
Tim bola basket putra Indonesia mencetak sejarah meraih medali emas pertama mereka di ajang SEA Games usai mengalahkan Filipina, sang raja Asia Tenggara(noc indonesia/noc indonesia)

Indonesia mengakhiri perjuangan di SEA Games 2021 dengan duduk di peringkat tiga klasemen perolehan medali. Total ada 241 keping medali yang dibawa pulang tim Merah Putih dari Vietnam.

Berdasarkan data perolehan medali SEA Games 2021 yang dilansir dari laman resmi per Senin 23 Mei 2022 pukul 09.45 WIB, Indonesia meraih 69 medali emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Hingga hari terakhir SEA Games pada hari ini, Indonesia berada di bawah Vietnam dan Thailand. Vietnam pun menjadi juara umum dalam gelaran SEA Games ke-31 ini.

Vietnam meraup 446 medali yang terdiri dari 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu. Sedangkan Thailand mengoleksi 331 medali dengan torehan 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu.

Baca juga
Menangi Duel Sesama Indonesia, Leo-Daniel Rebut Medali Emas SEA Games

Tambahan medali emas Indonesia sepanjang Ahad, 22 Mei berasal dari cabang olahraga menembak, angkat besi, bulu tangkis, voli indoor, bola basket, tinju, renang, hingga Esport.

Dari cabang bola basket, Indonesia mengukir sejarah dengan merebut medali emas pertama sejak berpartisipasi di SA Games. Di partai final, Tim Merah Putih mengalahkan raja Asia Tenggara, Filipina dengan skor 85-81.

Hasil ini pun membuat dominasi Filipina sebagai peraih medali emas dalam 13 edisi SEA Games secara beruntun terhenti.

Baca juga
Timnas Indonesia Raih Perunggu SEA Games Usai Bungkam Malaysia Lewat Adu Penalti

Selain itu, medali emas juga datang dari tim bola voli putra. Ini menjadi prestasi bagi tim Indonesia mempertahankan medali emas yang direbut dua tahun lalu.

Dari cabang bulutangkis, Indonesia juga merebut dua medali. Yakni dari ganda putri Apriyani Rahayu-Siti Fadia dan ganda putra Leo Rolly Carnando-Daniel Marthin.

Dari cabang e-Sport, Indonesia juga meraih emas dari tim PUBG Mobile.

Keberhasilan finis di peringkat tiga SEA Games ini memenuhi target yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

SEA Games 2021 akan ditutup pada Senin 23 Mei 2022 malam WIB.

Berikut perolehan medali SEA Games 2021

    Klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2021

 

Artikel lainnya

Berita Terkait