Real Madrid Raih Trofi ke-14 Liga Champions

  • Arry
  • 29 Mei 2022 06:22
Liverpool vs Real Madrid, gol tunggal Vinicius Jr membawa Los Blancos meraih gelar Liga Champions(@championsleague/twitter)

Real Madrid menjadi juara Liga Champions 2021-2022 usai mengalahkan Liverpool 1-0 di partai final. Ini menjadi trofi ke-14 bagi Los Blancos.

Duel final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid digelar di Stade de France, Paris, Ahad, 29 Mei 2022 dini hari WIB. Pertandingan diwarnai dengan hadirnya keputusan VAR yang menganulir gol Karim Benzema.

Pada babak pertama, Liverpool langsung tancap gas. Sementara Real Madrid bermain dengan tempo yang lambat dan mencoba meredam kecepatan pemain The Reds.

Serangan demi serangan Liverpool mampu diredam pemain Madrid di awal babak pertama. Peluang pertama Liverpool baru hadir di menit ke-16. Namun, sontekan Mohamed Salah di kotak penalti berhasil ditepis kiper Thibaut Courtois.

Satu menit kemudian giliran Thiago Alcantara yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Lagi-lagi, peluang Liverpool digagalkan Courtois.

Kiper asal Belgia itu memiliki peran penting bagi Madrid di babak pertama. Total, Courtois mementahkan lima peluang emas dari pemain Liverpool.

    Liverpool vs Real Madrid: Aksi Thibaut Courtois membuat penyerang Liverpool mandul

Keasyikan menyerang, Liverpool dikagetkan dengan gol dari Karim Benzema di menit ke-43. Gol ini sempat diprotes pemain Liverpool karena menganggap Benzema berada di posisi offside.

Wasit Clement Turpin kemudian mengecek mengecek Video Assistant Referee (VAR) untuk melihat proses gol Benzema itu. Dan VAR pun menyatakan Benzema sudah offside terlebih dahulu sebelum mencetak gol.

Babak pertama Liverpool vs Real Madrid berakhir dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Liverpool masih mendominasi pertandingan. Pada menit ke-58, Courtois lagi-lagi mementahkan peluang The reds. Sepakan keras dari Salah berhasil diantisipasi kiper Belgia itu.

Satu menit berselang, Madrid membuat pendukung Liverpool terdiam. Melalui skema serangan balik, Los Blancos menjebol gawang Liverpool.

Gol ini tercipta dari serangan yang dilancarkan Madrid dari sisi kanan. Valverde mengirimkan bola ke kotak penalti. Bek-bek Liverpool yang terpaku dengan Karim Benzema, tidak melihat pergerakan dari Vinicius Jr. Pemain asal Brasil itu pun kemudian dengan mudah memasukkan bola ke gawang Alisson Becker.

tertinggal 0-1, Liverpool meningkatkan serangan. Pelatih Klopp bahkan memasukkan dua penyerang sekaligus yakni Diogo Jota dan Roberto Firmino untuk menembus pertahanan Madrid.

Namun, gemilangnya Courtois mampu membuat mandul penyerang-penyerang Liverpool. Total sepanjang pertandingan, Courtois menyelamatkan gawangnya dari kebobolan sebanyak 9 kali.

Hingga akhir pertandingan, tidak ada gol yang tercipta. Real Madrid pun menjadi pemenang partai final dan berhak meraih trofi Liga Champions.

Susunan pemain:

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Thiago; Mohamed Salah, Sadio Mane, Luis Diaz.

Real Madrid: Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Eder Militao, David Alaba, Ferland Mendy; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Federico Valverde, Karim Benzema, Vinicius Junior.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait