Piala AFF U-19: Diwarnai Aksi Pemain Kram, Indonesia Ditahan Vietnam,

  • Arry
  • 3 Jul 2022 05:26
Piala AFF U-19: Indonesia vs Vietnam(@pssi/twitter)

Timnas Indonesia ditahan imbang tanpa gol oleh Vietnam di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022. Pertandingan ini diwarnai dengan aksi para pemain Vietnam yang mengaku kram pada kakinya.

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam dihelat di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu, 2 Juli 2022 malam. Kedua tim gagal memanfaatkan peluang yang tercipta hingga skor akhir 0-0.

Indonesia langsung mengambil inisiatif penyerangan di awal babak pertama. Namun sejumlah peluang gagal tercipta lantaran sulitnya menembus lini pertahanan Vietnam.

Di menit ke-27 Indonesia memiliki peluang saat Alfriyanto Nico mencoba mengirimkan umpan ke Hokky Carka yang berdiri bebas di depan gawang. Namun, umpan Alfriyanto dipotong kiper Cao Van Binh.

Indonesia nyaris kecolongan gol di menit ke-43. Sepakan Nguyen Dinh Bac gagal dihalau kiper Cahya Supriadi. Beruntung, bola masih membentur tiag gawang. Skor tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Vietnam langsung mendapat peluang berbahaya. Nguen Quoc Viet sudah berdiri bebas di depan gawang Indonesia. Kiper Cahya Supriadi yang tampil gemilang berhasil menggagalkan ancaman dari Nguyen Quoc.

Indonesia nyaris menjebol gawang Vietnam di menit ke-66. Sayang sepakan Marselino Ferdinan masih menerpa mistar gawang.

Hingga laga usai, skor tidak berubah tetap 0-0.


Pemain Vietnam bertumbangan gegara kram

Pertandingan ini diwarnai dengan aksi para pemain Vietnam yang mudah tumbang. Mereka beralasan mengalami kram pada kakinya.

Aksi para pemain Vietnam ini pun kera membuat kesal puluhan ribu penonton yang memadati stadion. Sebab, para pemain itu dinilai hanya mengulur waktu dan merusak ritme permainan Indonesia.

Namun pelatih Vietnam, Dinh The Nam, beralasan pemainnya bertumbangan lantaran intensitas pertandingan yang tinggi.

"Untuk para pemain muda, wajar mereka tertekan dengan situasi yang penuh tekanan ini. Para pemain kami sebenarnya bermain baik," kata Pelatih Vietnam Dinh The Nam.

"Mereka menciptakan banyak peluang tetapi sentuhan akhir mereka buruk. Tidak bisa dimungkiri, itu semua terjadi karena adanya tekanan yang melanda para pemain di laga perdana ini," ujarnya menambahkan.

"Bermain di laga pertama ini Laga pertama ini, di depan para fans, sangat menyenangkan, tetapi itu memengaruhi para pemain kami di atas lapangan," tutur Dinh The Nam.

"Para pemain kami tidak bisa menjalankan taktik dengan baik, lalu para pemain Timnas U-19 (Indonesia) juga bermain bagus, dan mereka menunjukkan semangat yang tinggi sehingga hal itu juga memberikan kesulitan tersendiri bagi para pemain kami," ujarnya.

Dengan hasil ini, Indonesia dan Vietnam kini menghuni peringkat tiga dan empat Grup A. Sementara di peringkat satu dan dua dihuni Thailand dan Myanmar.

Dalam pertandingan sebelumnya, Thailand mengalahkan Filipina 1-0. Sementara Myanmar pesta gol 7-0 atas Brunei Darussalam.

Indonesia akan menghadapi Brunei di pertandingan kedua yang akan digelar pada 4 Juli 2022.

Susunan Pemain:

Vietnam: Cao Van Binh, Nguyen Bao Long, Trinh Hoang Canh, Dan Tuan Phong, Nguyen Anh Tu, Nguyen Hong Phuc, Khuat Van Khang, Nguyen Dinh Bac, Nguyen Duc Viet, Nguen Quoc Viet, Nguyen Van Truong.

Indonesia: Cahya Supriadi; Ahmad Rusadi, Muhammad Ferrari (Marcell Januar), Kakang Rudianto; Raka Cahayana, Arkhan Fikri (Frezy), Marselino Ferdinan, Subhan Fajri (Michael Tata), , Alfriyanto Nico (Razza Ibrahim); Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka (Rabbani Taslim).

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait