PSSI Protes Duel Vietnam vs Thailand yang Bikin Timnas U-19 Indonesia Tak Lolos

  • Arry
  • 11 Jul 2022 21:17
Timnas U-19 Indonesia(@pssi/twitter)

PSSI resmi melayangkan protes terkait duel Vietnam vs Thailand di laga terakhir Grup A Piala AFF U-19. PSSI menyebut pertandingan tersebut tidak berjalan secara fairplay.

Duel Vietnam vs Thailand berakhir imbang 1-1. Hasil itu sudah cukup membuat Timnas U-19 Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 meski menang 5-1 atas Myanmar.

Hasil dua pertandingan itu membuat Vietnam, Thailand, dan Indonesia sama-sama mengoleksi 11 poin. Namun Vietnam dan Thailand dinyatakan lolos ke semifinal berdasarkan aturan head to head dari AFF.

Baca juga
Ini Aturan yang Bikin Indonesia Tersingkir dari Piala AFF U-19 Meski Tak Pernah Kalah

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan tidak mempermasalahkan aturan yang diterapkan dalam Piala AFF U-19.

"Yang ingin kami ajukan ke AFF adalah berkaitan dengan fairplay yang terjadi di laga antara Thailand dan Vietnam yang kami lihat 10 menit terakhir. Ditenggarai adanya bola yang hanya berputar-putar di tengah yang sangat terlihat di menit 84 itu hanya berputar dan dipasing-pasing di sekitar garis 16," kata Iriawan di Jakarta, Senin, 11 Juli 2022.

"Kami ingin memastikan bertanya ke AFF atau protes apakah itu fairplay atau tidak? Kalau itu dibilang fairplay kita bisa melakukan itu suatu saat," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Baca juga
VIDEO Saat Vietnam dan Thailand Disebut Main Mata: Cuma Oper-operan Tak Jelas

"Makanya kami melakukan protes dan surat ke AFF sudah disiapkan untuk meminta jawaban dari AFF. Silakan AFF menurunkan tim investigasi ke sini, yang jelas kami tadi sudah rapat selama 3 jam dan memutar ulang video pertandingan," kata dia.

Iwan Bule menyatakan, PSSI menunggu hasil dari surat protes tersebut.

"Kita tunggu saja AFF turun dan menyampaikan kepada publik, kepada kami federasi dan kepada rakyat Indonesia. Kita tunggu jawabannya," kata Ketua Umum PSSI.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait