Tersingkir dari Piala Dunia, Spanyol Depak Luis Enrique dan Pilih Luis de la Fuente

  • Arry
  • 9 Des 2022 06:31
Luis Enrique tak lagi melatih Timnas Spanyol usai Piala Dunia 2022(fifa world cup/fifa.com)

Timnas Spanyol langsung memecat pelatih Luis Enrique usai kandas di babak 16 Besar Piala Dunia 2022. La Furia Roja kini menunjuk pelatih baru yakni Luis de la Fuente.

Berpisahnya Luis Enrique dan Timnas Spanyol diumumkan langsung oleh RFEF, Federasi Sepakbola Spanyol.

"RFEF ingin mengucapkan terima kasih ke Luis Enrique dan staf pelatinya yang memimpin Timnas Spanyol dalam beberapa tahun terakhir," tulis pernyataan RFEF di situs resminya.

"RFEF dengan penuh semangat mendoakan yang terbaik untuk Luis Enrique dan timnya dalam proyek profesional mereka di masa depan. Pelatih mendapatkan cinta dan kekaguman dari rekan-rekannya di tim nasional dan seluruh Federasi, yang akan selalu menjadi rumahnya," tutup pernyataan RFEF.

Baca juga
Piala Dunia: Maroko Sikat Spanyol Via Adu Penalti, Bonou Jadi Pahlawan Singa Atlas

Luis Enrique melatih Timnas Spanyol sejak 2018. Selama melatih, Enrique berhasil meraih 26 kemenangan, 14 kali imbang, dan 7 kali kalah dari 47 pertandingan.

Di Piala Duinia 2022, Enrique berhasil membawa Spanyol ke babak 16 Besar. Di babak itu, Tim Matador dikalahkan Maroko lewat drama adu penalti.

Kini Federasi Sepakbola Spanyol langsung menunjuk pelatih baru, yakni Luis de la Fuente.

"RFEF sudah menunjuk Luis de la Fuente sebagai pelatih timnas yang baru. Direktur Olahraga Jose Francisco Molina yang memilihnya dan akan memberikan laporan kepada Presiden RFEF Luis Rubiales," ujar pernyataan resmi RFEF.

Baca juga
Piala Dunia 2022: Spanyol vs Jerman Imbang, Der Panzer Nyaris Tersingkir

Siapa Luis de la Fuente?

Luis de la Fuente sebenarnya bukan muka baru di Timnas Spanyol. Pria kelahiran 1961 itu sudah bekerja untuk RFEF untuk menangani Timnas Spanyol di level usia muda.

De La Fuente memulainya di timnas U-19 pada 2013. Pada 2018, de la Fuente naik kelas dengan melatih Timnas U-21. Dan jabatan terakhirnya adalah pelatih Timnas U-23 Spanyol.

Di level umur U-23, Luis de la Fuente meraih prestasi mendapat medali perak di Olimpiade Tokyo 2020.

Luis de la Fuente akan pertama kali bekerja saat Spanyol melawan Norwegia dan Skotlandia di Kualifikas Euro 2024 yang akan digelar pada Maret 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait