Asian Games 2023: Timnas Indonesia vs Korea Utara 0-1, Merah Putih Finis di Urutan 3

  • Arry
  • 24 Sep 2023 17:40
Timnas Indonesia(@timnasindonesia/twitter)

Timnas U-24 Indonesia menelan kekalahan dari Korea Utara di laga pamungkas Grup F sepakbola Asian Games 2023. Skuat Garuda Muda kalah 0-1.

Laga Indonesia vs Korea Utara digelar di Zhejiang Normal University East Stadium, China, Minggu, 24 September 2023.

Korea Utara langsung tampil menekan sejak menit pertama. Hal ini membuat Indonesia kelsulitan untuk mengembangkan permainan.

Korut akhirnya mampu menjebol gawang Indonesia pada menit ke-40. Gol dicetak Kim Yusong yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia.

Baca juga
Asian Games: Timnas Indonesia Bekap Kirgistan 2-0

Unggul satu gol, Korut terus menekan Indonesia. Meski demikian, tak ada gol tambahan tercipta hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Indonesia masih belum dapat keluar dari tekanan Korea Utara. Skuat asuhan Indra Sjafri itu pun lebihbanyak bertahan dan mengandalkan serangan balik cepat.

Pada menit ke-80 Indonesia memiliki peluang. Tendangan bebas Alfeandra Dewangga yang mengarah ke gawang masih bisa dihalau barisan pertahanan Korea Utara.

Baca juga
Asian Games: Timnas Indonesia Kalah 0-1 dari Taiwan, Nasib Garuda di Ujung Tanduk

Hingga pertandingan selesai, Korea Utara tetap unggul 1-0.

Di pertandingan lainnya, Kirgistan membuat kejutan saat mengalahkan Taiwan dengan skor telak 4-1. Taiwan sempat unggul terlebih dahulu lewat Chen Pho Liang di menit ke-34 lewat titik penalti.

Namun Kirgistan kemudian membalikkan keadaan dan memberondong empat gol yang dicetak Abilov Ernaz di menit 45+2, gol bunuh diri dari Huang Tzu Ming di menit ke-55, Toktosunov Dastanbek (62'), dan Sharshenbekov Arsen (90+1').

Hasil ini membuat Korea Utara mantap menjadi juara Grup F dengan nilai sempurna 9 dari 3 kemenangan. Kirgistan melejit ke peringkat kedua dengan nilai 3. Taiwan dan Kirgistan otomatis lolos ke 16 Besar.

Baca juga
Posisi Terancam, Ini Skenario Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Asian Games 2023

Sementara Indonesia finis di peringkat tiga dengan nilai 3. Nilai ini sama dengan yang diraih Taiwan yang berada di urutan 4.

Susunan Pemain

Indonesia: 20-Ernando Ari; 14-Robi Darwis, 5-Rizky Ridho, 3-Andi Setyo, 12-Dony Tri; 15-Muhammad Taufany, 17-Syahrian Abimanyu, 13-Rachmat Irianto, 19-Alfeandra Dewangga, 10-Egy Maulana; 11-Ramai Rumakiek

Korea Utara: 1-Juhyok Kang; 30-Kukchol Jang, 5-Kyongsok Kim, 16-Yusong Kim, 4-Pomhyok Kim; 10-Ilsong Ri, 17-Kukchol Kang, 20-Chungsong Paek, 22-Kukbom Kim; 9-Joguk Ri, 11-Kukjin Kim

Artikel lainnya: Pendaftaran CPNS Kemenag 2023, Simak Formasi, Syarat dan Cara Daftarkan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait