Diwarnai 3 VAR dan 3 Hadiah Penalti Saat Lawan Yordania, Qatar Juara Piala Asia 2023

  • Arry
  • 11 Feb 2024 10:03
Qatar juara Piala Asia 2023(afc asian cup/x.com)

Qatar resmi meraih gelar juara Piala Asia 2023. Di babak final, Akram Afif Cs menang 3-1 atas Yordania.

Duel Yordania vs Qatar digelar di Stadion Lusail, Sabtu, 10 Februari 2024. Laga ini diwarnai dengan 3 putusan VAR yang menghasilkan 3 tendangan penalti untuk Qatar, selaku tuan rumah.

Qatar langsung tampil menyerang. Akram Afif mendapat peluang di menit ke-7, sayang tembakannya berhasil digagalkan kiper Yordania, Yazeed Abulaila. Satu menit berselang, Akram Afif kembali mendapat peluang. Kali ini tembakannya juga berhasil ditepis Yazeed.

Yordania balik melawan. Di menit ke-16, tendangan keras Yazan Al-Naimat dari tepi kotak penalti masih bisa digagalkan kiper Qatar, Meshaal Barsham.

Baca juga
Semua Tim yang Kalahkan Indonesia Gagal ke Semifinal Piala Asia, Jepang Paling Sial

Menit ke-20, Akram Afif dilanggar Abdallah Nasib di kotak penalti. Wasit akhirnya memberikan hukuman penalti usai melihat tayangan VAR. Afif yang maju sebagai eksekutor berhasil menjebol gawang Yordania. Qatar unggul 1-0.

Hingga akhir babak pertama, Yordania beberapa kali gagal memanfaatkan peluang menjebol gawang Qatar. Paruh pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Qatar.

Di babak kedua, Yordania berupaya menyamakan kedudukan. Menit ke-55, tendangan salto Ali Olwan masih melenceng di sisi gawang. Tiga menit berselang giliran tembakan Ehsan Haddad yang ditepis kiper Barsham.

Upaya Yordania menyamakan kedudukan akhirnya terjadi di menit ke-67. Sebuah tembakan voli Yazan Al-Naimat yang mengarah ke sudut kiri gawang tak mampu dihalau kiper Barsham.

Namun, empat menit berselang Qatar kembali mendapatkan penalti usai wasit melihat tayangan VAR dan menyatakan Mahmoud Al-Mardi telah melanggar Ismaeel Mohammad di kotak terlarang.

Baca juga
Timnas Indonesia Bikin Sejarah Juara Piala Asia Versi eSport

Afif kembali tampil sebagai algojo. Kali ini tembakannya mampu dibaca namun kiper Abulaila kurang cepat mengantisipasi bola. Qatar unggul 2-1.

Menit ke-95 Qatar kembali mendapat hadiah penalti. Keputusan ini diambil usai wasit mengecek tayanggan VAR dan melihat Abulaila melanggar Afif di kotak penalti.

    Penyerang Qatar Arram Afif mencetak hattrick di parta final Yordania vs Qatar

Afif kembali tampil sebagai algojo dan melengkapi hattrick. Qatar pun akhirnuya menutup petandingan dengan kemenangan 3-1.

Qatar dinobatkan sebagai juara Piala Asia 2023.

Artikel lainnya: Prabowo Disebut Terima Suap Rp312 M dari Proyek Mirage dari Qatar, Kemhan Buka Suara

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait