Elon Musk Resmi Beli Twitter Rp 634 Triliun, Dibayar Tunai

  • Arry
  • 26 Apr 2022 08:06
Bos Tesla, Elon Musk(Britta Pedersen/Pool)

Keinginan Elon Musk membeli 100 persen saham Twitter tinggal selangkah lagi. Orang terkaya di planet ini sudah mencapai kesepakatan untuk membeli media sosial itu dengan harga US$ 44 miliar atau sekira Rp 634 triliun.

Kesepakatan ini terjadi pada Senin, 25 April 2022, waktu Amerika Serikat. Rencananya, Elon Musk akan membayar pembelian Twitter itu secara tunai.

Rencana Elon Musk membeli 100 persen saham Twitter ini sudah disampaikan kepada para pemegang saham pada 13 April 2022. Musk akan membeli satu lembar saham Twitter dengan harga US$ 54,20. Musk menyatakan harga ini sebagai yang terbaik dan final.

Harga yang disodorkan Musk ini pun 38 persen lebih tinggi dari saha Twitter per 1 April 2022, atau satu hari sebelum Musk membeli 9,2 persen saham Twitter.

Dengan pembelian ini, Musk akan mengembalikan Twitter menjadi perusahaan privat. Twitter tidak akan lagi menjual saham di bursa AS.

"Kebebasan berbicara adalah landasan dari demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital di mana hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan," kata Elon Musk dalam sebuah pernyataan.

"Twitter memiliki potensi luar biasa — saya berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan dan komunitas pengguna untuk membukanya."

Pembelian itu pun telah disetujui oleh dewan direksi dan dewan komisaris Twitter. Diperkirakan, penjualan ini akan selesai pada akhir 2022.

 

Artikel lainnya

Berita Terkait