Fenomena Alam Unik Bulan dan Bintang Berdekatan di Malam ke-3 Ramadan, Ini Kata BMKG

  • Arry
  • 25 Mar 2023 05:48
Fenomena alam unik di malam ke-3 bulan Ramadan, bulan sabit dan bintang tempak berdekatan layaknya lambang masjid(ist/ist)

Sebuah fenomena alam unik terlihat di langit pada malam ke-3 bulan Ramadan. Di langit terlihat bulan sabit dan bintang berdekatan.

Fenomena alam ini terpantau di sejumlah tempat seperti Medan, Aceh, hingga Batam. Dari pantauan, terlihat bulan sabit yang cukup besar dengan didampingi bintang yang bersinar terang.

On Duty Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Hanif Zarkasi menjelaskan, fenomena alam unik ini Menurutnya, cahaya yang disebut bintang itu adalah planet Venus.

Peristiwa bulan sabit dan Venus yang terlihat di langit sejumla wilayah itu adalah fenomena konjungsi antarplanet.

Baca juga
NASA Ungkap Fakta Baru Soal Jupiter Bisa Jadi Planet Terbesar di Tata Surya

"Bahwa peredaran planet-planet dalam mengelilingi matahari pada orbitnya yang berbentuk elips. Memungkinkan antarplanet akan berpapasan pada waktu tertentu," kata Hanif.

Hanif menjelaskan, fenomena ini terjadi hanya satu kali dalam beberapa tahun. Sehingga disbeut fenomena yang langa.

"Bumi, bulan, dan venus berada pada satu garis lurus, sehingga posisi bulan dan venus cukup berdekatan satu sama lain saat diamati dari bumi," jelasnya.

Hanif menjelaskan, fenomena konjungsi planet ini pun bisa disaksikan dengan mata telanjang. Tanpa perlu menggunakan alat bantu khusus.

"Dapat diamati dengan mata telanjang setelah matahari terbenam hingga Venus terbenam," ungkapnya.

Artikel lainnya: Diterpa Isu Hamili Hingga Ceraikan Nissa Asyifa, Alshad Ahmad Pilih ke Luar Negeri

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait