Catat Tanggalnya, Fenomena Langka 5 Planet Sejajar Akan Terjadi Akhir Maret Ini

  • Arry
  • 27 Mar 2023 20:00
Planet tata surya(ist/ist)

Fenonema alam langka bakal menghiasi langit pada akhir Maret 2023. Ya, di tengah bulan Ramadan ini kita bisa menyaksikan lima planet terlihat sejajar di langit.

Planet-planet yang bakal terlihat adalah Merkurius, Jupiter, Venus, Mars, dan Uranus. Fenomena langka ini bisa disaksikan mulai 27 Maret 2023.

"Planet-planet akan sejajar sebelum pergantian bulan pada 28 Maret. Parade ini akan terlihat sangat cantik," kata Bill Cooke, pimpinan di kantor lingkungan meteoroid NASA, sebagaimana dikutip dari CBS News, Senin, 27 Maret 2023.

Cooke menjelaskan, planet yang bisa disaksikan dengan mudah adalah Jupiter, Venus, dan Mars. Sedangkan Merkurius dan Uranus membutuhkan bantuan teropong agar lebih jelas menyaksikannya.

"Jika Anda keluar tepat saat Matahari terbenam dan melihat ke arah barat, Anda akan melihat planet-planet ini terbentang dalam garis yang memanjang sekitar 50 derajat atau lebih," tutur Bill Cooke.

Baca juga
NASA Ungkap Fakta Baru Soal Jupiter Bisa Jadi Planet Terbesar di Tata Surya

Meskipun tanggal 28 Maret merupakan hari terbaik menyaksikan lima planet ini, namun pemandangan itu masih bisa terlihat sesudah tanggal tersebut.

Editor Sky & Telescope, Rick Fienberg, menjelaskan, fenomena langka ini bisa terlihat tergantung dari lokasi kita.

"Kecuali kalau Anda memiliki langit yang cerah dan cakrawala barat yang hampir datar tanpa penghalang seperti pohon atau bangunan, Anda tidak akan melihat Jupiter dan Merkurius," jelasnya.

Rick Feinberg menjelaskan, Venus akan bersinar paling terang. Sementara Mars bisa terlihat karena memiliki warna rona jingga yang mudah dikenali.

Sedangkan Uranus akan menjadi planet yang paling sulit dilihat tanpa menggunakan peralatan.

Artikel lainnya: Mobil Alphard Miliknya Masuk Area Terlarang Bandara, Sri Mulyani: Bagian Protokol

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait