11 Tips Mudah Perkuat Sinyal Wifi Agar Internetan Lancar di Rumah

  • Arry
  • 17 Des 2023 15:49
jaringan WiFi rumah(ist/ist)

Internet saat ini telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Ada berbagai cara penggunaan internet, mulai dari mobile internet hingga langganan internet di rumah.

Bagi yang menggunakan internet di rumah, pengguna perlu mengetahui cara untuk memperkuat sinyal Wifi. Hal ini untuk memudahkan mengakses internet dengan kecepatan maksimal.

Sinyal Wifi dapat melemah dengan sendirinya. Mulai dari lokasi perangkat pengguna terlalu jauh dengan router hingga terlalu banyak perangkat yang terhubung dengan router. Selain itu, gangguan pada router juga dapat menjadi kendala.

Agar kekuatan sinyal Wifi dapat dirasakan maksimal, berikut 11 tips perkuat sinyal Wifi di rumah:

1. Posisikan router dengan benar

Pengguna perlu memosisikan router dengan benar. Sebaiknya router diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu.

2. Ubah posisi antena router

Router dilengkapi dengan dua jenis antena yakni antena internal atau eksternal. Coba posisikan antena tersebut satu mengarah secara vertikal dan yang lainnya diposisikan secara horizontal.

3. Gunakan adaptor powerline

Anda dapat menggunakan adaptor powerline. Hal ini khusus bagi pengguna yang tinggal di ruangan bertingkat dan luas. Pengguna bisa menghubungkan perangkat dengan kabel ethernet ke adaptor powerline untuk mendapatkan koneksi internet yang disalurkan router.

4. Ganti password dengan komposisi yang kuat

Cara memperkuat sinyal WiFi lainnya adalah mengganti password dengan komposisi yang kuat. Hal ini untuk menghindari akses yang tidak sah, yang dapat memperlambat koneksi.

5. Jauhkan router dengan perangkat elektronik lain

Jauhkan router dari perangkat elektronik seperti microwave dan speaker bluetooth dapat berpotensi menimbulkan gangguan pada sinyal WiFi. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan router dengan perangkat elektronik agar sinyal tak terganggu.

6. Gunakan WiFi dengan frekuensi 5 GHz

Penggunaan router dengan frekuansi 5GHz dapat mengurangi gangguan koneksi Wifi.

7. Pilih channel WiFi yang tidak ramai

Jika tinggal di lingkungan yang ramai seperti apartemen, perumahan, kos, dan menggunakan beberapa router untuk mengakses internet bersama, pengguna bisa memilih channel yang minim dipakai supaya tidak banyak mengalami gangguan sinyal.

8. Matikan koneksi WiFi pada perangkat yang tidak digunakan

Cara mudah lainnya adalah mematikan perangkat yang sedang tidak digunakan. Ini berguna agar bandwith tidak penuh.

9. Gunakan WiFi repeater

Untuk memperkuat sinyal WiFi, pengguna bisa memakai perangkat tambahan WiFi repeater. Untuk diketahui, perangkat WiFi repeater dapat membantu memperluas jangkauan sinyal WiFi, terutama di area yang sulit dijangkau oleh router.

10. Restart router

Pengguna dapat mencoba dengan melakukan restart router. Caranya, matikan router dengan menekan tombol power, yang biasanya berada di bagian punggung perangkat. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu nyalakan kembali.

11. Upgrade router

Anda juga dapat mengganti perangkat router yang sudah lama mungkin tidak mumpuni untuk menyalurkan koneksi internet.

Jika 11 langkah di atas telah dilakukan dan koneksi Wifi masih lambat, Anda dapat menghubungi penyedia layanan internet (Internet Service Provider/ISP) untuk membantu menangani lebih lanjut masalah sinyal WiFi lemah.

Artikel lainnya: Eks Bos Ferrari Ungkap Kondisi Schumacher Terbaru: Bukan Michael yang Dulu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait