Produk Cokelat Kinder Surprise Ditarik dari Pasaran Gegara Kasus Salmonella

  • Arry
  • 6 April 2022 12:39
Kinder Surprise(kinder/ferrero)

Perusahaan makanan asal Italia, Ferrero, menarik produk telur cokelat Kinder di tujuh negara Eropa. Penarikan karena munculnya kasus Salmonella saat menjelang Paskah.

Ferrero menyatakan penarikan ini bukan berarti produk Kinder miliknya mengandung Salmonella. Melainkan sebagai langkah pencegahan atas merebaknya wabah Salmonella.

Seorang pejabat di Inggris menyatakan, jumlah kasus Salmonella di negeri Ratu Elizabeth itu terus meningkat hingga 63 kasus. Sementara di Prancis sudah dilaporkan terjadi 21 kasus Salmonella.

Pihak layanan Kesehatan masyarakat Prancis menyatakan, dari 21 kasus yang terjadi, 15 di antaranya terindikasi terkena setelah memakan produk Kinder yang telah ditarik. Usia rata-rata dari mereka yang terkena adalah empat tahun.

Salmonella sendiri adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan gejala seperti diare, demam, hingga kram perut pada manusia. Infeksi ini sebagian besar disebabkan oleh makanan.

Otoritas Kesehatan Prancis menyatakan kasus di Inggris dan Prancis memiliki genetik Salmonella yang sama. Dan hal tersebut terkait dengan produk Kinder yang dibuat di pabrik Arlon, Belgia.

Pabrik Arlon ini mendistribusikan produk Kinder di Belgia, Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, dan Swedia.

"Di Perancis, dilakukan penarikan total beberapa ratus ton produk", kata seorang Juru Bicara Ferrero, dilansir dari AFP, Rabu, 6 April 2022.

Meski demikian, Ferrero menegaskan, pihaknya belum menemukan produk yang terkontaminasi Salmonella. "Tidak ada produk Kinder kami yang beredar di pasaran yang terbukti positif Salmonella dan kami belum menerima keluhan dari konsumen," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin, 4 April.

Saat ini produk telur ceokelat Kinder untuk Paskah yang dikirim pada Maret, kini sudah dipindahkan dari rak-rak toko. Penarikan ini dilakukan terutama untuk telur cokelat susu Kinder Surprise 20 gram asli yang berisi kapsul plastik kecil dengan mainan di dalamnya, serta versi 100 gram yang lebih besar, dengan tanggal penjualan terakhir antara akhir Juni dan akhir Oktober 2022.

Selain dua produk itu, Ferrero juga menarik produk Kinder Schoko-Bons, Kinder Mini Eggs, Kinder Happy Moments, Kinder Mix, dan sejumlah produk lainnya.

 

Artikel lainnya

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan