Sepak Terjang Tim Basket Putra Indonesia di SEA Games: Cetak Rekor dan Rebut Emas

  • Arry
  • 23 Mei 2022 17:01
Tim bola basket putra Indonesia mencetak sejarah meraih medali emas pertama mereka di ajang SEA Games usai mengalahkan Filipina, sang raja Asia Tenggara(noc indonesia/noc indonesia)

Timnas bola basket putra Indonesia mencetak sejarah baru di ajang SEA Games 2021 di Vietnam. Skuat Merah Putih itu untuk pertama kalinya berhasil meraih medali emas sepanjang mereka mengikuti SEA Games.

Tak hanya itu, prestasi ini juga diraih dengan mematahkan dominasi Filipina di SEA Games. Raja bola basket Asia Tenggara itu adalah pemegang 13 medali emas SEA Games secara beruntun.

Di partai pamungkas, Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 85-81 dalam pertandingan yang digelar di Thanh Tri Gymnasium, Ahad, 22 Mei 2022.

Medali emas yang diraih Arki Dwikania Wisnu Cs ini juga merupakan medali pertama Indonesia di cabang bola basket setelah 45 tahun berpartisipasi di ajang olahraga terbesar Asia Tenggara itu.

Baca juga
Klasemen Akhir SEA Games: Voli Rebut Emas, Basket Cetak Sejarah, Indonesia Finis ke-3

Sebelumnya, prestasi terbaik tim bola basket putra Indonesia di ajang SEA Games adalah meraih medali perak pada 2007, 2015, dan 2017. Dan semuanya takluk melawan Filipina.

Sebelum meraih emas, Indonesia menjadi tim yang tak terkalahkan dalam lima pertandingan. Mereka mengalahkan tim-tim seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Vietnam.

Dan di partai terakhir, Indonesia mengalahkan Filipina, yang juga tak terkalahkan dalam lima pertandingan sebelumnya.

Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi yakin, keberhasilan ini akan menjadi pintu bagi prestasi selanjutnya.

"Kami yakin ini akan menjadi awal dari kejutan-kejutan selanjutnya. Kesuksesan ini adalah modal penting menghadapi FIBA Asia dan FIBA World Cup 2023," kata Nirmala.

"Kami bangga bahwa pemain berjuang tanpa lelah demi mencetak sejarah dan mengibarkan bendera Merah Putih di Vietnam," ujarnya.

Berikut perjalanan timnas basket Indonesia hingga juara SEA Games 2021

  • Game 1: Indonesia 95-92 Malaysia
  • Game 2: Indonesia 78-75 Thailand
  • Game 3: Indonesia 94-44 Kamboja
  • Game 4: Indonesia 91-61 Singapura
  • Game 5: Indonesia 94-67 Vietnam
  • Game 6: Indonesia 85-81 Filipina

 

Artikel lainnya

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan