Restoran Hanamasa Jadi Perdebatan Soal Sertifikat Halal

  • Arry
  • 2 Jan 2022 15:27
Sajian All You Can Eat di restoran Hanamasa(Hanamasa/hanamasaresto.com)

Media sosial sedang diramaikan perdebatan soal restoran Hanamasa yang diduga belum bersertifikat halal.

Perdebatan ini dimulai dari unggahan warganet @anggiyusriani pada 30 Desember 2021. Dalam unggahannya itu, pemilik akun menceritakan pengalaman makan di Hanamasa Tamini bersama suaminya. @anggiyusriani kini telah mengunci akunnya baik di Instagram maupun di Twitter.

Pemilik akun menuliskan soal penggunaan sake atau mirin di restoran Hanamasa. Hal tersebut diketahui setelah dia bertanya langsung pada chef Hanamasa tersebut.

"chef ini jamur kok agak strong rasa fermentasi nya ada campur alkohol ngga? Chef : (ngomong nya pelan2 karna ngga jauh dari gw duduk ada keluarga muslim juga) iyaa bu ada Sake nya," tulisnya.

Baca Juga
Babi Haram dalam Islam, Kenapa Diciptakan?

"SAD banget gw.. abis itu gw bergerilya nyamperin pengunjung yg pake jilbab bilang ini 2 benda itu ada sake / mirin jangan di makan," sambungnya.

Pemilik akun @TitiwAkmar mengomentari unggahan dari @anggiyusriani tersebut. "Wah, barutau kalo Hanamasa itu nggak halal. Untuk temen2 muslim silakan dibaca dan hati2 aja ya dalam memilih makanan. SS dr akun @anggiyusriani," cuit @TitiwAkmar.

Warganet mempertanyakan soal sertifikasi halal restoran Hanamasa seiring adanya bahan sake dalam hidangan

Unggahan ini pun menuai pro dan kontra warganet lainnya. Ada yang membela Hanamsa ada pula yang menyalahkan pembeli lantaran kurang cermat sebelum datang ke restoran.

"Kalau emang kepingin 100 persen halal, makan di resto Sunda atau Jawa. Kalian terlalu aneh mencoba Hanamasa dan mencari label halal," ujar salah satu warganet.

Baca Juga
Beredar Isu Burger KFC Haram, Ini Penjelasan KFC dan MUI

"Aduan? Hanamasanya sudah jujur saat ditanya. Itu mah kesalahan ada di pembeli, kenapa gak nanya sebelum makan," cuit warganet lainnya.

"Yg gw bingung, kalo concern bgt sm halal haram, knp ttp masuk ke resto itu pdhl blm ada label halal MUI? Mau kontennya liatin cewe berhijab pun, itu trik marketing. Tinggal berpegang ke label halalnya lah. Apa yg lo makan tanggung jawab lo sendiri, bukan org lain," ujar warganet lain.

Belum ada tanggapan dari Hanamasa terkait unggahan ini. Namun, akun @halalcorner mengunggah pernyataan dari Majelis Ulama Indonesia soal status sertifkasi Hanamasa.

Penjelasan Halal Corner soal status Restoran Hanamasa

"Aduan konsumen: Hanamasa menggunakan Sake. Hanamasa sendiri belum pernah terdaftar sebagai restoran yang telah lolos uji halal dan bersertifikat halal," cuit @halalcorner.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait