Polemik Pemindahan Makam Vanessa Angel, Gus Miftah: Haram Hukumnya

  • Arry
  • 12 Feb 2022 14:25
Gus Miftah(gusmiftah/instagram)

Rencana Doddy Soedrajat memindahkan makam anaknya, Vanessa Angel, menuai polemik. Doddy beralasan almarhumah putrinya itu telah berwasiat ingin dimakamkan dekat dengan makam almarhumah ibunya.

Rencana Doddy ini mendapat pertentangan dari keluarga besannya, H Faisal, ayah dari almarhum Febri Andriansyah suami dari Vanessa. Mereka tidak mau makam anak dan menantunya dipisahkan.

Polemik ini mendapat tanggapan dari Gus Miftah. Menurutnya, hukum memindahkan makam seorang muslim dan muslimah adalah haram.

"Empat imam mazhab itu hampir semuanya mengharamkan (pemindahan makam). Ada hadits yang menyatakan 'siapa yang mematahkan tulang mayit itu sama mematahkan tulangnya ketika dia masih hidup'," kata Gus Miftah dikutip dari kanal YouTube Warta Hot dilihat Sabtu, 12 Februari 2022.

Menurut Gus Miftah, pemindahan makam diperbolehkan asal memenuhi sejumlah syariat islam. Yakni kemaslahatan jenazah, persoalan tanah, dan kemaslahatan umat.

"Menurut saya, makam tidak usah dipindahkan. Kecuali dengan alasan syari. Haram hukumnya," ujar pemilik nama lengkap Miftah Maulana Habiburrahman itu.

Gus Miftah pun menyatakan kasihan dengan almarhumah Vanessa Angel jika makamnya dipindahkan. "Kenapa? Karena membongkar mayit bisa melanggar kehormatannya bahkan bisa jadi memperlihatkan aib si almarhum," ujarnya.

"Untuk apa membongkar aibnya yang sudah meninggal? Apalagi indikasi yang membuka aib itu justru keluarga dan ahli warisnya," ujarnya.

Gus Miftah pun mengajak Doddy Soedrajat lebih baik mendoakan almarhumah anaknya itu. Tanpa harus membongkar makamnya.

"Saya pikir ya sudahlah kita doakan saja Allah menutupi aibnya, mengampuni dosanya, tanpa harus dibongkar-bongkar. Saya pikir almarhumah sudah tenang kok di sana," ujarnya.

Vanessa dan Bibi Andriansyah meninggal dunia dalam kecelakaan maut pada 4 November 2021 do Tol Jombang, Jawa Timur. Keduanya dimakamkan bersebelahan di Taman Pemakaman Islam Malaka di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Doddy Soedrajat berniat memindahkan makam Vanessa ke TPU Karet Bivak, berdampingan dengan makam ibu kandung Vanessa.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait