Sandiaga Jawab Tudingan Brand yang Klaim Tampil di Paris Fashion Week Dibiayai Negara

  • Arry
  • 15 Mar 2022 12:37
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno(humas/Kemenparekraf)

Kehadiran sejumlah brand Indonesia di Paris dan mengaku tampil di Paris Fashion Week 2022 mengundang polemik. Hal ini diperuncing dengan adanya tuduhan mereka terbang ke Paris dengan biaya dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menteri Parekfraf, Sandiaga Uno, buka suara soal tuduhan tersebut. Sandi menegaskan Kementeriannya tidak mengeluarkan satu sen pun untuk keberangkatan brand-brand tersebut ke Paris.

"Fungsi kami adalah membina dan terus mendorong para jenama (brand) yang dimiliki talenta terbaik bangsa ini bukan hanya untuk go national tetapi juga go international," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin, 14 Maret 2022.

Baca Juga
Artis & Brand Indonesia di Paris Fashion Week: Geprek Bensu, Ariel, Marshel Widianto

"Tidak satu rupiah pun dana dari pemerintah, dari Kemenparekraf yang membiayai kunjungan dari jenama tersebut di Paris," ujarnya.

"Tapi kami memfasilitasi dengan memberikan semangat, memberikan inspirasi, memfasilitasi komunikasi dengan KBRI, pengurusan visa dan sebagainya," dia menambahkan.

Menurut Sandiaga, peragaan busana di luar negeri haruslah didukung. Karena bisa menyumbang devisa bagi negara.

Baca Juga
Polemik Paris Fashion Week 2022, MS Glow Minta Maaf Akui Awam Soal Acara

"Sebagian jenama perlu kita apresiasi karena turut berkontribusi pada peningkatan ekspor produk ekraf yang tahun lalu menembus rekor Rp 21 miliar, dari sub sektor fashion," ujarnya.

Kehadiran para brand di Paris membuat gaduh. Sebab, kegiatan brand-brand tersebut ternyata hanya tampil di Paris dan tidak masuk agenda resmi Paris Fashion Week 2022.

Dari jadwal Paris Fashion Week, hanya ada dua desainer Indonesia yang diundang yakni Sean Sheila dan Jewel Rocks.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait