Combo Pahala, Kerjakan Puasa Syawal di Tanggal-tanggal ini

  • Arry
  • 13 Mei 2022 11:42
Ilustrasi buka puasa(ist/ist)

Dalil puasa Ayyamul Bidh ini tertuang dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan Imam At Tirmidzi dan Imam Nasai, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda yang artinya:

“Hai Abu Dzar, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR Tirmidzi dan an Nasai).

Salah satu keistimewaan dari puasa Ayyamul Bidh adalah kita akan mendapatkan pahala seperti berpuasa selama satu tahun. Selain itu, bagi orang yang rajin berpuasa ayyamul bidh, akan diberikan tiket Surga Ar Rayan.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud, no. 2449; An-Nasa’i, no. 2434. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Bagaimana hukumnya mengerjakan puasa Syawal bersamaan dengan puasa Senin-Kamis dan Ayyamul Bidh?

Dikutip dari Bimas Islam, disebutkan, dalam pelaksanaan puasa Syawal bisa saja bertepatan dengan Senin dan Kamis. Begitu pula jika baru dikerjakan di pertengahan bulan. Bisa saja bertepatan dengan puasa Ayyamul Bidh.

"Menurut para Ulama, menggabungkan niat puasa Syawal dengan niat puasa hari Senin atau hari Kamis hukumnya adalah boleh dan sah," tulis Bimas Islam.

"Ini disebabkan karena puasa Syawal dan puasa hari Senin atau hari Kamis memiliki kesamaan dalam jenis dan bentuk ibadahnya, yaitu keduanya sama-sama berupa ibadah puasa sunnah. Sehingga keduanya boleh digabung dan dilakukan secara bersamaan," jelasnya.

Kapan waktu pelaksanaannya di bulan Syawal?

Puasa Ayyamul Bidh dilakukan setiap tanggal 13, 14, dan 15 di tiap bulan. Pada bulan Syawal 1443 Hijriah, puasa Ayyamul Bidh akan jatuh pada Sabtu 14, 15, dan 16 Mei 2022.

Jika mau mengerjakan puasa Syawal mulai 14 Mei 2022, maka akan mendapatkan kombo pahala berupa puaa Syawal, puasa Ayyamul Bidh, dan puasa Senin Kamis. Yakni mulai Sabtu 14 Mei dan berakhir pada Kamis, 19 Mei 2022.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait