Keistimewaan Baca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat

  • Arry
  • 13 Agt 2021 06:03
Ilustrasi Baca Alquran(@cahiwak/pixabay.com)

Hari Jumat merupakan salah satu hari yang memiliki banyak keistimewaan. Untuk mendapatkan keistimewaan itu, dianjurkan untuk menambah porsi ibadah, salah satunya dengan membaca surah Al-Kahfi.

Syekh Aidh Al-Qarni dalam buku Sentuhan Spiritual menjelaskan bahwa fadhilah ibadah di hari Jumat begitu banyak.

Salah satunya sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Barang siapa melakukan wudhu dengan baik, lalu segera mendatangi shalat Jumat untuk mendengarkan khutbah dan diam, maka diampuni dosa-dosanya antara dirinya dengan hari Jumat. Lalu ditambahkan untuknya tiga hari lagi,”.

Anjuran lain selain dalam hadis tersebut adalah membaca Surah Al-Kahfi. Terdapat sebuah hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ad-Daruquthni dan Imam Baihaqi, “Man qara-a suratal-kahfi fil-yaumil-jumati adhaa-a lahu minannuri maa bainal-jum’ataini,”.

Yang artinya: “Barang siapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya Allah menyinarinya dengan cahaya selama antara dua Jumat,”.

Dalam lafadz yang tertulis, “Barang siapa membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya dia akan tersinari cahaya antara dirinya dengan Ka’bah,”. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Baihaqi.

Makna Al-Kahfi >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait