Mahfud MD Temukan Ada Al-Quran Salah Cetak, Ini Reaksi Kemenag

  • Arry
  • 13 Agt 2023 08:11
Ilustrasi Alquran(freebiespic/pixabay)

Menko Polhukam Mahfud MD membagikan foto Al-Quran yang salah cetak. Kesalahan itu terdapat pada salah ayat 8 dalam Surat Al Kahfi.

Dalam akun Twitternya, Mahfud MD meminta agar Kementerian Agama atau Kemenag mengecek kesalahan ayat tersebut.

"Ini ada ini info Al-Quran salah cetak huruf pada Surat Al Kahfi ayat 8. Seharusnya huruf 'ain (lajaa'iluuna) tercetak furuf ha' (lajaahiluuna). Harap dicek,"kata Mahfud MD dalam akun Twitternya dikutp Minggu, 13 Agustus 2023.

"Jika benar maka Kemenag perlu menariknya dari peredaran karena penerbitannya ditash-hih oleh Kemenag," lanjutnya.

Mahfud MD temukan ada Al-Quran salah cetak

Kementerian Agama melalui Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an atau LPMQ buka suara. Menurutnya, gambar yang diungga Mahfud MD adalah gambar lama. Kesalahan cetak itu sudah ditindaklanjuti.

Baca juga
Surat Al Kahfi Ayat 1-10, Simak 3 Manfaat Menghafal dan Membacanya di Hari Jumat

"Adapun gambar yang kini beredar adalah gambar lama yang telah kami tindak lanjuti pada tahun 2022," tulis LPMQ dalam akun Twitter-nya.\

Keterangan Kementerian Agama soal Al-Quran salah cetak

"Beredar kembali informasi tentang salah cetak mushaf Al-Quran. Konten itu sudah berulang beredar untuk ke-4 kalinya, yaitu pada: April-Okt-Des 2022, dan Agustus 2023," terang Kemenag.

Berdasarkan siaran pers Kemenag yang terbit pada 13 April 2022, dijelaskan, mushaf Al-Quran yang salah cetak itu adalah pesanan Badan Wakaf Al-Quran kepada penerbit Mulia Abadi Bekasi. Penerbitan mushaf itu tidak melalui pentashihan di LPMQ.

Kemenag pun telah memberikan teguran dan memerintahkan agar mushaf itu ditarik dan dilarang diedarkan. Kemenag juga mempersilakan masyarakat melapor jika menemukan mushaf Al-Quran yang salah cetak.

Artikel lainnya: Ngeri, Ada Getaran dan Suara Misterius dari Dalam Bumi Sumenep

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait