8 Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Simak Juga Efek Sampingnya

  • Arry
  • 27 Jun 2022 12:51
Khasiat daun kelor(buleleng/bulelengkab.go.id)

Daun kelor sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tumbuhan ini sudah dikenal lama sebagai bagan pengobatan tradisional. Apa saja khasiat daun kelor?

Daun kelor memiliki nama latin Moringa oleifera. Berdasarkan laporan Medical News Today, daun kelor atau the drumstick tree mengandung senyawa yang bersifat antijamur, antivirus, antidepresan, serta antiinflamasi.

Selain itu, daun kelor juga memiliki kandungan seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta rendah kalori.

Dilansir dari laman Universitas Airlangga, ini khasiat dari daun kelor:

  1. Mengontrol Tekanan Darah
    Daun kelor ini memiliki banyak kandungan kalium dan antioksidan. Berkat kandungan tersebut, tanaman ini diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah serta menjaganya tetap stabil sehingga dapat mencegah hipertensi.
  2. Menurunkan Kadar Gula Darah
    Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor terlihat bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas kerja dari hormon insulin. Manfaat ini tentu baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.
  3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Berdasarkan penelitian di laboratorium, ekstrak daun kelor diketahui bisa melindungi tubuh dari berbagai macam jenis kuman, seperti Salmonella typhi penyebab tifus, Escherichia coli penyebab diare, dan Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit. Daun kelor juga diketahui dapat melawan virus, terutama jenis Herpes Simplex Virus (HSV).
  4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
    Ekstrak daun dan kulit batang pohon kelor terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, usus besar, dan pankreas. Manfaat daun kelor tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
  5. Mengatasi Peradangan
    Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Namun, Anda dapat mengonsumsi daun kelor untuk meredakan peradangan yang dialami. Ekstrak daun kelor ini dipercaya mengandung zat yang dapat mengurangi peradangan.
  6. Memelihara Kesehatan dan Fungsi Otak
    Kandungan antioksidan di dalam daun kelor, bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Beberapa riset menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Daun kelor juga dipercaya baik dalam mendukung kinerja otak dan meningkatkan memori.
  7. Baik untuk Jantung
    Ekstrak daun kelor disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di dalam tubuh.
  8. Mencegah Anemia
    Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam daun kelor membuatnya dipercaya dapat membantu mencegah anemia. Meskipun begitu, penelitian lebih jauh masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kelor ini.


Efek samping daun kelor

Selain kaya manfaat, daun kelor juga memiliki efek samping. Para ahli mengatakan, jika berlebihan mengonsumsi daun kelor bisa menyebabkan mual, diare, dan heartburn atau nyeri ulu hati.

Selain itu, daun kelor juga belum terbukti aman dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, jika anda sedang mengonsumsi pengobatan tertentu, disarankan tidak mengonsumsi daun kelor.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait