Terlalu Banyak Makan Daging, Siapkan 4 Bahan Alami Ini Untuk Lunturkan Kolesterol

  • Arry
  • 10 Jul 2022 15:41
Manfaat bawang putih(@jijiali/unsplash)

Hari Raya Idul Adha identik dengan kurban. Setelah itu dilanjutkan dengan 'berpesta' daging kurban. Mulai dari daging kambing, domba, sapi, atau kerbau. Jika terlalu banyak, hati-hati kolesterol.

Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan kemungkinan berbagai penyakit hingga menyebabkan serangan jantung hingga stroke.

Jika didiagnosis memiliki kolesterol tinggi akibat terlalu banyak makan daging kurban, dokter biasanya menyiapkan resep untuk menebus obat pelintur kolesterol.

Namun, sebelum menenggak obat-obatan, ada cara yang bisa dilakukan dengan alami. Yakni dengan menyiapkan empat bahan alami ini.

Dilansir dari Healthline, berikut empat bahan alami yang bisa melunturkan kolesterol akibat terlalu banyak makan daging kurban:

1. Bawang putih
Bawang putih merupakan rempah yang sudah dipercaya sejak zaman dahulu sebagai obat alami yang dapat menurunkan kolesterol. Sejumlah penelitian menunjukkan, bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis.

Baca juga
5 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Bagi Kesehatan


2. Biji rami
Biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) tingkat tinggi, yakni asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sejumlah penelitian, biji rami dapat membantu kmenurunkan kolesterol tinggi.


3. Beras ragi merah
Beras ragi merah biasanya digunakan dalam obat tradisional China. Beras ragi merah ini mengandung bahan seperti monacolin K. Zat ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol lovastatin.


4. Ikan berlemak
Bahan alami yang dapat melunturkan kolesterol adalah ikan berlemak seperti ikan salmon, tuna, trout danau, herring, sarden, serta ikan lainnya yang kaya Omega-3. Para ahli percaya asam lemak omega-3 dalam ikan bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait