Tips Membuat Chawanmushi, Telur Kukus Khas Jepang yang Lezat

  • Arry
  • 25 Jul 2021 22:16
Masakan Jepang Chawanmushi(12019/pixabay)

MasterChef Indonesia season 8 makin menegangkan. Kali ini peserta yang masuk ke Pressure Test, diwajibkan membuat chawanmushi atau telur kukus khas Jepang.

Ada tiga peserta yang masuk ke babak pressure test MasterChef Indonesia ini, yakni Wynee, Olive, dan Byran. Mereka diharuskan membuat hidangan chawanmushi yang berbahan dasar telur itu.

Hidangan ini merupakan makanan asal Jepang yang menggunakan telur sebagai bahan bakunya utamanya. Ketiga peserta tersebut berjuang keras untuk menghidangkan chawanmushi yang belum pernah mereka cicipi atau olah.

Juri MasterChef Indonesia yang terdiri dari chef Juna Rorimpandey, chef Renatta Moeloek, dan chef Arnold Poernomo memilih chawanmushi buatan Wynee paling terbaik dibanding dua peserta lainnya.

Chef Juna menjelaskan, cara membuat chawanmushi terlihat mudah tetapi cukup tricky. Durasi memasak chawanmushi misalnya, harus tepat agar teksturnya tetap lembut. Apabila kurang matang, bagian luar telur sudah padat tetapi dalamnya masih basah alias belum matang. Kelembutan chawanmushi juga menjadi poin penting.

Chef Renatta menyarankan untuk mencampur kaldu dan telur dengan rasio 1:2. Kaldu khas Jepang atau dashi juga sebaiknya digunakan untuk membuat chawan mushi agar semakin umami.

Simak tips membuat chawanmushi dengan mudah seperti mengutip MasterClass:

1. Saring adonan telur Kunci keberhasilan membuat chawan mushi yang kerap disebut puding telur adalah tingkat kelembutannya. Telur kukus khas Jepang ini bakal sulit lembut dan halus kalau mengandung terlalu banyak gelembung udara. Tantangan ini biasanya terjadi ketika mengocok telur. Untuk mengurangi gelembung udara, saring adonan telur.

2. Kukus dengan api kecil Hindari mengukus telur dengan api besar dengan anggapan membuatnya cepat matang. Pasalnya, dapat mengakibatkan telur overcooked. Tekstur chawan mushi yang kematangan menjadi terlalu kenyal dan tidak lembut. Jadi, kukus telur di atas api kecil dengan uap lambat.

3. Lakukan eksperimen dengan berbagai bahan Bahan utama chawan mushi adalah telur dan dashi atau kaldu. Namun, kamu bisa menambahkan bahan lain seperti dada ayam, udang, dan jamur. Hiasan populer telur kukus jepang ini di antaranya adalah katsuobushi (serpih bonito kering), naruto (ikan surimi yang diawetkan), uni (bulu babi), dan kamaboko atau fish cake. Pastikan untuk memotong kecil bahan-bahan tersebut agar mudah matang ketika dikukus.

4. Susun bahan dari waktu memasak Apabila menambahkan berbagai bahan saat membuat chawan mushi, susun sesuai dengan waktu memasak. Letakkan bahan yang durasi memasaknya lebih lama seperti protein di bagian bawah cangkir. Sementara untuk topping lembut seperti bumbu dan wortel taruh paling atas.

Demikian cara membuat chawanmushi yang enak. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait