7 Amalan Rasulullah SAW Sebelum Laksanakan Sholat Idul Adha

  • Arry
  • 10 Jul 2022 05:24
Ilustrasi Sholat Id(humas/bekasikab.go.id)

Melaksanakan Sholat Id merupakan salah satu ibadah saat merayakan Hari Raya Idul Adha. Namun sebelum melaksanakan Sholat Id, ada beberapa amalan yang biasa dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Berikut amalan yang biasa dilakukan Rasulullah SAW dilansir dari berbagai sumber:

1. Tidak makan dan minum hingga selesai Sholat Id

Diriwayatkan dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya (yaitu Buraidah bin al-Husaib) ia berkata: Rasulullah SAW pada hari Idul Fitri tidak keluar sebelum makan, dan pada hari Idul Adha tidak makan sehingga selesai shalat. (HR. At-Tirmizi)


2. Mandi

Sebelum melaksanakan Sholat Idul Adha, disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu. Hal ini seperti diriwayatkan Ibnu Majah:

"Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha. Adapun bacaan niatnya sebagai berikut:"Nawaitul ghusla liyaumi Iiedil Adhaa sunnatan lillahi ta'alaa"Artinya: "Saya berniat mandi pada Hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta'ala".


3. Mengumandangkan Takbir

Ibn Abi Syaibah meriwayatkan, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar rumah menuju lapangan kemudian beliau bertakbir hingga tiba di lapangan. Beliau tetap bertakbir sampai sahalat selesai. Setelah menyelesaikan shalat, beliau menghentikan takbir. (HR. Ibn Abi Syaibah dalam Al Mushannaf 5621)


4. Memakai Pakaian Terbaik

"Diriwayatkan dari Al-Hasan bin Ali RA, ia berkata, ‘Rasulullah SAW telah memerintahkan kami pada dua hari raya agar memakai pakaian terbaik yang kami temukan." (HR Al-Baihaqi dan Al-Hakim).


5. Berjalan Kaki

"Rasulullah SAW berangkat untuk melaksanakan sholat Id dengan berjalan kaki, begitupun ketika pulang tempat sholat Id."


6. Tidak Memotong Rambut dan Kuku

"Siapa saja yang ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijjah (1 Dzulhijjah), maka jangan ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berkurban." (HR. Muslim).

Baca juga
Soal Larangan Bercukur dan Potong Kuku Sebelum Iduladha, Ditujukan ke Siapa?

Mengenai hal ini, ada sejumlah pendapat dari para ulama.


7. Melewati jalan berbeda Saat pergi dan pulang

“Nabi Muhammad SAW mendatangi shalat ‘Id dengan berjalan kaki dan beliau pulang melalui jalan lain dari yang dilaluinya ketika pergi.” (HR. Ibnu Majah)

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, "Apabila Nabi Muhammad SAW pergi sholat Ied (Hari Raya), ketika pulang, Beliau menempuh jalan yang berlainan dengan jalan yang Beliau lalui ketika pergi.” (HR. Ibnu Majah).

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait