Rahasia Mengolah Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus

  • Arry
  • 10 Jul 2022 11:08
Sate Kambing(humas/denpasarkota.go.id)

Sate kambing merupakan kuliner yang biasa diolah usai pemotongan hewan kurban. Namun, seringkali kita salah mengolah daging kambing itu. Sehingga menimbulkan bau prengus dan dagingnya alot.

Executive sous chef dari The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Eric Kusnadi, menguak rahasia mengolah daging kambing agar tidak bau prengus dan bisa empuk saat dibuat sate.

Eric menjelaskan, daging kambing bisa berbau prengus jika terkena air. Agar tidak bau prengus, jangan cuci daging tersebut dengan air. Setidaknya angan mencucinya dengan berlebihan.

"Kalau kotor kena pasir pas pemotongan, cukup diseka saja, jangan pakai air," kata Eric dikutip Ahad, 10 Juli 2022.

Baca juga
Resep Sate Maranggi Ala Purwakarta, Sajian Nikmat Saat Idul Adha

Bagaimana rahasia agar daging kambing tidak alot? Eric menjelaskan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Seperti menggunakan nanas parut, baking, soda, hingga yoghurt. "Itu bisa mengempukkan daging kambing," ujar Eric.

Meski demikian, Eric menyatakan, pemberian bahan-bahan tersebut bisa mengubah cita rasa daging kambing. Namun, tidak mengubahnya secara keseluruhan.

Untuk pemberian soda kue, menurut Eric, agar diberikan sedikit saja. Sebab jika terlalu banyak bisa menyebabkan rasa daging kambing menjadi pahit.

Eric mencontohkan, dia biasa mencampur soda kue dan telur untuk memasak sate.

"Telur satu bisa buat dua kilogram daging, dimarinasi saja. Jangan terlalu banyak agar tak hancur dagingnya," ujar Eric.

"Kalau pakai nanas, ya nanasnya di-blender. Nggak boleh lama. Kalau konsistensi nanas terlalu banyak bisa ancur juga dagingnya,” kata dia.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait