6 Makanan Khas Bali Halal yang Wajib Dicicipi

  • Arry
  • 19 Jul 2022 15:53
Makanan khas Bali yang halal(ist/ist)

Makanan khas Bali memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan bumbu khas yang terkenal.

Makanan khas Bali yang populer mulai dari sate lilit hingga ayam betutu. Meski Bali dikenal sebagai wilayah yang memiliki penduduk mayoritas non muslim, namun makanan khas Bali yang halal kini juga sudah banyak tersebar.

Penasaran makanan khas bali apa saja yang halal, berikut daftarnya:

1. Sate Lilit

    Makanan khas Bali Sate Lilit

Sate lilit merupakan kuliner yang paling dicari saat wisata ke Bali. Sate ini unik bentuknya. Daging, yang menjadi bahan utama sate tidak ditusuk di kayu, melainkan dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu. Kini sate lilit sudah banyak yang terbuat dari daging ayam hingga ikan tenggiri.


2. Nasi jinggo

    Makanan Khas Bali Nasi Jinggo

Berlibur ke Bali tidak lengkap jika belum mencicipi nasi jinggo. Makanan khas Bali ini biasanya disajikan dengan menggunakan lembaran daun pisang berupa nasi putih berukuran sekitar sekepalan tangan dengan lauk-pauk dan sambal.

Lauk-lauk yang disajikan biasanya berupa sambal goreng tempe, serundeng, dan ayam suwir. Selain itu,a da juga yang menambahkan mi goreng atau telur di atas nasi jinggo.


3. Tipat cantok

    Makanan Khas bali Tipat Cantok

Makanan khas Bali lainnya adalah tipat cantok. Selintas, kuliner ini mirip dengan pecel. Tipat cantok ini mempunyai bumbu sederhana seperti kacang tanah, gula merah, bawang putih, cabai, garam, kencur, dan jeruk limau. Isiannya bisa berupa tipat yang diiris tipis dan menambahkan sayuran, seperti kacang panjang, kangkung, dan tauge.


4. Ayam Betutu

    Makanan khas Bali Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan salah satu makanan khas Bali yang paling digemari. Kuliner berbahan ayam ini unik sebab memiliki bumbu dan rasa yang khas. Bumbu yang dipakai seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, kemiri, kencur, lengkuas, jahe, kunyit, serai, daun jeruk purut, daun salam, ketumbar, pala, merica, gula aren, garam, terasi yang ditumis dan dihaluskan, serta minyak kelapa. Ayam betutu biasanya disajikan bersama dengan sambal matah atau sambal lainnya.


5. Nasi Sela

    Makanan khas Bali, Nasi Sela

Nasi sela merupakan makanan khas Bali dari wilayah Karangasem. Kuliner ini berisi campuran nasi putih dan cacahan ubi berukuran kecil-kecil. Namun kini nasi sela sudah memiliki banyak variasi seperti mencampur nasi sela dengan jukut (sayur) bejek, grago (udang kecil kecil), kacang tanah, jukut atau sayur bejek bumbu kalas (santan, daging, base gede) sambal bongkot, dan ayam betutu yang disuwir.


6. Rujak Kuah Pindang

    Makanan khas Bali Rujak Kuah Pindang

Rujak kuah pindang adalah makanan khas Bali yang juuga banyak dinikmati banyak orang. Kuliner berbahan asar ikan pindang ini menggunakan bumbu yang berasal dari kaldu ikan pindang. Uniknya, sajian ikan itu kemudian dicampur dengan buah-buahan rujak seperti mangga, jambu, mentimun, bengkoang, kedondong, belimbing, dan pepaya mengkal.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait