WHO Nyatakan Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan Global

  • Arry
  • 24 Jul 2022 15:49
Cacar monyet alias monkeypox(ist/ist)

Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan wabah cacar monyet alias Monkeypox sebagai darurat kesehatan global.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyatakan wabah cacar monyet telah tersebar di lebih 70 negara di dunia. Kondisi ini menjadi situasi luar biasa yang sudah memenuhi syarat sebagai keadaan darurat global.

Menurutnya, status darurat kesehatan global ini dirancang WHO untuk membunyikan alarm perlu adanya respons internasional dalam berkolaborasi dan berbagi vaksin dan perawatan.

“Kami memiliki wabah yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat melalui mode penularan baru yang kami pahami terlalu sedikit dan yang memenuhi kriteria dalam peraturan kesehatan internasional,” kata Tedros.

“Saya tahu ini bukan proses yang mudah atau langsung dan ada perbedaan pandangan di antara para anggota komite,” ujarnya.

Status Keadaan darurat global adalah tingkat kewaspadaan tertinggi WHO. Namun, meski dilabeli status tersebut, bukan berarti penyakit tersebut sangat menular atau mematikan.

Kepala Kedaruratan WHO, Dr. Michael Ryan, mengatakan, status ini dibuat agar komunitas global menganggap serius wabah monkeypox ini.

Wabah cacar monyet alias monkeypox ini sudah ditemukan di sejumlah negara di benua Afria, Eropa, Amerika Utara, dan dan lainnya.

WHO sebelumnya juga pernah menyatakan keadaan darurat untuk sejumlah jenis penyakit seperti Covid-19, Ebola, virus Zika, dan pemberantasan polio.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait