7 Makanan Berbahaya yang Sering Dikonsumsi

  • Arry
  • 12 Agt 2022 16:02
Ilustrasi Makan(The BlackRabbit/unsplash)

Banyak yang tidak menyadari, makanan yang dikonsumsi setiap hari justru berbahaya bagi kesehatan. Rasanya mungkin saja lezat. Namun, makanan tersebut ternyata berbahaya untuk dikonsumsi.

Melansir Alodokter, berikut makanan berbahaya yang harus dihindari:

1. Daging olahan

Konsumsi makanan daging olahan seperti sosis, nuget, dan kornet harus dibatasi. Penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi daging olahan berisiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker usus.


2. Ikan yang mengandung merkuri tinggi

Ikan adalah sumber protein yang baik. Namun, tidak semua ikan aman untuk dikonsumsi. Sejumlah jenis ikan seperti hiu, makerel, todak, tenggiri, dan tuna sebaiknya perlu dihindari untuk dikonsumsi. Sebab memiliki kadar merkuri yang tinggi.

Jika jenis ikan tersebut dikonsumsi berlebihan, maka dapat menimbulkan risio terjadinya kerusakan pada otak serta gangguan fungsi jantung, ginjal, dan paru-paru. Selain itu, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi ikan mengandung merkuri, karena dapat mengganggu perkembangan otak dan sistem saraf janin.


3. Daging babi

Daging babi adalah salah satu makanan berbahaya karena mengandung lemak tak jenuh ganda. Jika terlalu banyak mengonsumsinya, maka akan meingkatkan risiko terkena kolesterol tinggi, sirosis, penyakit jantung, penyakit kanker hati, dan penyakit kanker kolorektal.


4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau junk food termasuk makanan yang berbahaya. Terutama jika sering untuk dikonsumsi. Makanan cepat saji ini kandungan nutrisinya rendah. Selain itu mengandung kalori, lemak, gula, dan garam yang cukup tinggi sehingga berdampak buruk bagi kesehatan.

Orang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji, berisiko tinggi terkena hipertensi, kolesterol tinggi, obesitas, penyakit diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.


5. Makanan yang digoreng

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas dan penyakit jantung. Hal ini karena makanan yang digoreng mengandung banyak lemak, kalori, dan garam.


6. Kue kering

Kue kering ternyata masuk dalam makanan yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Kue kering, terutama yang dijual kalengan, rata-rata terbuat dari gula rafinasi, tepung terigu olahan, dan minyak nabati yang telah terhidrogenasi.


7. Ikan buntal

Ikan buntal bisa menjadi makanan berbahaya jika diolah dengan cara yang salah. Saat mengolah ikan buntal, jangan sampai terkontaminasi bagian hati, telur, usus, atau kulitnya.

Hal ini karena hati, telur, usus, dan kulit ikan buntal mengandung racun tetrodotoxin, yang dianggap lebih berbahaya daripada racun sianida.

 

Artikel lainnya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait