5 Cara Menghentikan Kebiasaan Mengorok

  • Arry
  • 11 Agt 2022 21:43
Ilustrasi mengorok(ist/ist)

Mendengar dengkuran alias ngorok terkadang menyebalkan. Apalagi ketika Anda hendak mau tidur.

Mengorok atau mendengkur terjadi ketika udara mengalir melalui tenggorokan saat kamu bernapas dalam tidur. Hal ini membuat jaringan di tenggorokan rileks dan bergetar. Sehingga timbul suara yang keras.

Mengorok bukanlah masalah kesehatan yang serius. Namun, mengorok bisa menjadi pertanda seseorang mengalami kondisi kesehatan tertentu seperti obstructive sleep apnea, obesitas, kurang tidur, sampai adanya masalah dengan struktur mulut, hidung, atau tenggorokan.

Bagaimana cara menghentikan kebiasaan mengorok? Melansir berbagai sumber, berikut cara menghentikan mengorok:

1. Tidur Miring

Melansir laman Mentalfloss, salah satu cara paling mudah adalah dengan tidur miring. Tidur telentang akan membuat ruang antara pangkal lidah, langit-langit lunak, dan bagian belakang tenggorokan menjadi sempit. Hal inilah yang membuat suara dengkuran saat tidur.

Dengan tidur miring akan membenarkan lorong ini dan mencegah terjadinya dengkuran.


2. Kurangi Alkohol

Bagi yang suka minum alkohol, segera kurangi. Sebab, minum alkohol dapat mengendurkan otot-otot lidah melebihi kondisi istirahat normalnya.


3. Turunkan Berat Badan

Melansir Halodoc, orang yang mengidap obesitas sering kali mengorok saat tidur. Menurunkan berat badan sedikit saja dapat mengurangi jaringan lemak di bagian belakang tenggorokan dan mengurangi, atau bahkan menghentikan kebiasaan ngorok.


4. Jaga Kelembapan Udara

Udara kering dapat mengiritasi selaput di hidung dan tenggorokan. Jadi, jika jaringan hidung yang bengkak adalah masalahnya, pelembap udara dapat membantu mengatasi hal ini.


5. Gunakan alat antimengorok

Perangkat ini menyerupai pelindung mulut atlet yang berfungsi membantu membuka jalan napas dengan mengarahkan rahang bawah atau lidah ke depan saat tidur.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait