5 Rekomendasi Wisata Air Terjun di Jawa Tengah

  • Arry
  • 21 Agt 2022 07:21
Air Terjun Grojogan Sewu(humas/jatengprov.go.id)

Jawa Tengah menyimpan potensi wisata yang lengkap. Mulai wisata kuliner, tempat bersejarah, hingga wisata alam.

Untuk wisata alam, wisatawan dapat mengunjungi sejumlah lokasi air terjun yang dapat menjadi pilihan.

Melansir berbagai sumber, berikut rekomendasi wisata air terjun di Jawa Tengah:

1. Air Terjun Grojogan Sewu, Temanggung

Tempat wisata Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu adalah salah satu lokasi paling populer di Jawa Tengah. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Air terjun yang cantik dilengkapi dengan suasana tebing hijau menjadi salah satu pemikatnya.

Air terjun Grojogan Sewu berada di Karanganyar, Jawa Tengah. Wisatawan dapat menjangkau lokasi wisata ini dengan menempuh jarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota dengan menggunakan mobil atau motor.

Untuk tiket masuknya, wisawatan harus membayar sebesar Rp21.000 per orang.


2. Curug Sejajar, Pemalang

Curug Sejajar di Pemalang

Curug Sejajar berada di Desa Badak, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Air terjun ini unik karena terdapat dua curug yang posisinya berdampingan.

Lokasinya berada sekitar 1,5 jam dari pusat kota Pemalang. Setiba di lokasi parkir, wisatawan akan berjalan kaki sekitar 15 menit untuk dapat mencapai air terjun.


3. Curug Cipendok, Banyumas

Curug Cipendok

Curug Cipendok berada di lereng Gunung Slamet, atau berada di Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Ketinggian Curug Cipendok ini mencapai 92 meter.

Curug Cipendok memiliki keunikan. Sebab, memiliki kolam seperti mangkuk yang terbentuk secara alami. Sehingga jika dilihat dari kejauhan, Curug Cipendok ini tampak seperti air yang tengah dituang dari teko ke sebuah mangkuk.

Untuk mencapai curug ini, wisatawan harus jalan sekitar 500 meter. Namun jangan takut, bila kelelahan akan ada sebuah gazebo yang bisa menjadi tempat untuk istirahat di sekotar lokasi.

Untuk harga tiketnya relatif murah. Tiket masuk per pengunjung adalah Rp9.000. Curug Cipendok buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.


4. Air Terjun Montel, Kudus

Air Terjun Montel berada di Pegunungan Muria, atau di daerah Colo, Kecamatan Dawe. Lokasinya sekitar 36 menit dari pusat kota Kudus.

Air Terjun Montel memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Dari tempat parkir, wisatawan akan berjalan sekitar 10 menit untuk mencapai Curug Montel.

Air Terjun Montel buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuk Air Terjun Montel sebesar Rp 5.000.


5. Curug Tirto Wening, Semarang

Curug Tirto Wening berada di lereng Gunung Ungaran, atau di Desa Cemanggal, Kabupaten Semarang. Untuk mencapai lokasi, wisatawan dapat melewati jalan tol dan keluar di pintu Tol Ungaran atau Bawean. Kemudian, wisatawan meneruskan perjalanan sekitar 20 kilometer ke arah selatan.

Curug Tirto ini masih asri. Sebab belum banyak dikunjungi wisatawan. Air terjunnya tidak terlalu tinggi. Meski demikian, pengunjung masih dapat berendam di kolam yang jernih dengan kedalaman hingga 1,5 meter.

Harga tiket masuk Curug Tirto Wening dibanderol mulai dari Rp 5.000.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait