Mantap! Tempe Mendoan dan Sayur Asem Masuk 50 Makanan Vegetarian Terbaik Dunia

  • Arry
  • 6 Okt 2022 15:02
Resep tempe mendoan(bango/bango.co.id)

Tempe mendoan dan sayur asem kini makin diperhitungkan. Dua kuliner tradisional Indonesia itu diakui sebagai dua dari 50 makanan vegetarian terbaik di dunia.

Taste Atlas, sebuah website yang kerap membagikan peringkat ulasan makanan terbaik dunia, merilis 50 makanan vegetarian terbaik di dunia. Rilis ini untuk memperingati Hari Vegetarian Sedunia yang dirayakan setiap 1 Oktober.

Dalam rilisnya itu, ada dua kuliner asal Indonesia masuk dalam 50 makanan vegetarian terbaik di dunia. Yakni tempe mendoan dan sayur asem.

Tempe mendoan nangkring di peringkat 20 dunia dengan rating 4,4. Sedangkan Sayur asem di urutan 46 dengan rating 4,2.

Tempe mendoan dan sayur asem masuk 50 kulner vegetarian terenak di dunia

Tempe mendoan adalah kuliner tradisional asal Banyuas, Jawa Tengah. Camilan ini berbahan tempe yang dibalur dengan tepung dan digoreng setengah matang.

Tempe mendoan paling nikmat disajikan dengan sambal kecap atau dengan cabe rawit hijau.

Baca juga
Resep Tempe Mendoan yang Gurih dan Renyah

Sementara sayur asem dikenal sebagai sayur khas tanah Sunda. Sayur ini memiliki berisi sejumlah sayuran seperti labu siam, kacang panjang, jagung manis, nangka muda, melindo, dan sebagainya. Yang membuat tambah nikmat adalah tambahan asam Jawa yang direbus bersama sayuran tersebut.

Melansir Healthline, asam Jawa ini memiliki kandungan seperti magnesium, potasium, zat besi, hingga kalsium. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk kesehatan jantung hingga membunuh virus.

Masuknya tempe mendoan dan sayur asem ini menambah daftar kuliner Indonesia yang mendunia. Sebelumnya ada nama rendang hingga rawon yang masuk daftar makanan terlezat di dunia.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait